TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Umumkan Susunan Kabinet Minggu Malam

Laporan: AY
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 17:41 WIB
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming saat menghadiri gladi resik di Gedung MPR. Foto : Ist
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming saat menghadiri gladi resik di Gedung MPR. Foto : Ist

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, Presiden terpilih Prabowo Subianto akan mengumumkan kabinet pemerintahannya pada Minggu malam (20/10/2024). Pengumuman ini akan dilakukan setelah jamuan makan malam dengan para kepala negara.

“Prabowo akan dinner dengan kepala negara dulu,” kata Muzani saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, pada Sabtu (19/10).

Lebih lanjut, Muzani yang juga Ketua MPR itu menjelaskan, setelah prosesi pelantikan di kompleks parlemen pada Minggu pagi hingga siang, Prabowo akan langsung menuju Istana Kepresidenan di Jakarta. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk menyambut Prabowo di Istana sebelum meninggalkan jabatannya.

“Pak Jokowi akan mendahului ke Istana dan menyambut presiden yang baru dilantik,” ujar Muzani.

Untuk diketahui, Prabowo sudah memanggil para calon menteri dan wakil menteri ke kediamannya di Jl Kertanegara, Jakarta, Senin dan Selasa lalu. Bahkan, mereka sudah mengikuti pembekalan di Hambalang.

Gibran Hadiri Gladi Bersih

MPR menggelar gladi bersih upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 pada Sabtu (19/10/2024). Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, tampak hadir dalam acara tersebut.

Gibran hadir dengan mengenakan batik cokelat lengan panjang yang dipadukan dengan celana hitam. Ia tiba di Gedung DPR pada pukul 10.19 WIB dan langsung melambaikan tangan kepada awak media tanpa memberikan keterangan apapun. Gibran kemudian masuk ke Ruang Rapat Paripurna I didampingi oleh beberapa ajudannya.

Di dalam ruang paripurna, Gibran duduk di kursi terdepan bersama Ketua MPR Ahmad Muzani, Wakil Ketua MPR Eddy Soeparno, serta beberapa tokoh lainnya seperti Hidayat Nur Wahid, Rusdi Kirana, Lestari Moerdijat, Muzakir, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, Budisatrio Djiwandono, dan Aminuddin Maruf.

Setelah menyaksikan proses gladi bersih selama sekitar satu jam, Gibran meninggalkan ruang paripurna pada pukul 11.46 WIB, kembali tanpa memberikan pernyataan kepada media.

Didit Desain Tempat Pelantikan

Sementara itu, Didit Hediprasetyo, putra dari Presiden terpilih Prabowo Subianto, juga hadir di gedung MPR untuk menyaksikan gladi bersih pelantikan. Didit tiba tak lama setelah Gibran meninggalkan gedung.

Kedatangannya Didit langsung disambut oleh Muzani. Mereka berbincang singkat sebelum masuk ke dalam gedung, tanpa memberikan keterangan kepada awak media.

Muzani menjelaskan, Gibran sempat menanyakan persiapan acara pelantikan. “Mas Gibran menanyakan persiapan besok kepada kami. Beliau senang karena acara akan berjalan simpel dan tidak bertele-tele. Acara diperkirakan berlangsung selama dua jam, dari pukul 10 hingga 12 siang,” kata Muzani.

Selain itu, Muzani juga mengungkapkan bahwa Didit berperan penting dalam desain tempat pelantikan. “Mas Didit mendesain acara ini dengan tema hijau, sebuah konsep yang diusung dalam pelantikan. Setelah gladi bersih selesai, ruang atas akan didesain ulang,” jelasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo