TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gibran Blusukan, Ditemani 1 Menteri Dan 2 Wamen

Laporan: AY
Rabu, 23 Oktober 2024 | 08:02 WIB
Wapres Gibran saat meninjau ptoyek di Cibubur. Foto : Ist
Wapres Gibran saat meninjau ptoyek di Cibubur. Foto : Ist

JAKARTA - Hari ketiga menjabat sebagai Wakil Presiden, Gibran Rakabuming Raka kembali blusukan. Kali ini, eks Wali Kota Solo itu, blusukan ke Cibubur dan Menteng. Saat blusukan, Gibran ditemani satu menteri dan dua wakil menteri.

Agenda blusukan Gibran pada Selasa (22/10/2024) dimulai dengan mengunjungi SDN 03 Menteng, Jakarta Pusat. Gibran datang untuk meninjau program makan bergizi gratis. 

Gibran tiba di lokasi pukul 11.00 WIB setelah mengikuti acara pelantikan Penasihat Khusus, Utusan Khusus, dan Staf Khusus Presiden di Istana Negara. Gibran didampingi Pj Gubernur DKI Jakarta, Teguh Setyabudi dan Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma.

Gibran mengenakan setelan jas berwarna hitam dengan kemeja putih. Sedangkan Teguh mengenakan baju dinas berwarna cokelat.

Kedatangan Gibran disambut para guru 03 Menteng. Gibran lalu mengunjungi ruangan kelas dua. 

Gibran kemudian menyapa para siswa. Dibantu Teguh, Dhany dan para guru, Gibran pun membagikan kotak makanan berisi nasi, ayam goreng, telur, capcay, jeruk, dan susu. Gibran juga membagikan buku tulis.

Para siswa sangat senang mendapatkan makanan bergizi gratis dari Gibran. Putra sulung Presiden ke-7 RI Joko Widodo ini pun melanjutkan ke ruangan kelas lain.

Usai memberikan makan bergizi gratis, Gibran langsung meninggalkan lokasi tanpa memberikan keterangan kepada media.

Sementara, Teguh mengatakan, pada saat pembagian makanan bergizi gratis, Gibran menanyakan dua hal. Pertama, kandungan kalori pada menu yang dibagikan. "Kami sampaikan kandungan kalori itu disesuaikan dengan target grupnya," urai Teguh. 

Kedua, Gibran menanyakan, soal anggaran uji coba makan bergizi gratis di Jakarta dan berapa harga per paketnya. Teguh mengatakan, selama uji coba, Pemprov Jakarta dibantu BUMD Jakarta melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

Usai dari SDN 03 Menteng, ternyata Gibran tidak balik ke kantor. Ia melanjutkan blusukannya, meninjau perkembangan pengerjaan jalur Lintas Raya Terpadu (LRT) Fase 1B Velodrome-Manggarai sepanjang 6,4 KM. Kali ini, selain ditemani Teguh, Gibran juga didampingi Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar.

Di tempat ini, Gibran mengenakan kemeja putih lengan panjang yang dibalut rompi proyek berwarna hijau. Dia juga mengenakan helm proyek berwarna putih. 

Gibran lalu melihat proses pembangunan proyek LRT. Dia beberapa kali terlihat sedang menanyakan perkembangan proyek ini kepada petugas.

Menurut Gibran, penyelesaian LRT menjadi salah satu faktor kunci untuk meningkatkan penggunaan transportasi publik oleh masyarakat. Ia juga menilai, LRT bisa mengurangi polusi udara.

Apalagi, jika LRT rute Kelapa Gading-Velodrome sudah tersambung. Capaian ini berpotensi menambah jumlah penumpang, dan mengurai kepadatan di jalan raya. Catatan yang dimilikinya, jumlah penumpang berpotensi naik dari sekitar 3 ribu sampai 5 ribu per hari, menjadi 70 ribu hingga 100 ribu per hari.

Gibran menekankan pentingnya konektivitas dan kenyamanan moda transportasi. Menurutnya, dua faktor ini dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Dia juga mengingatkan pentingnya ketepatan waktu dalam penyelesaian proyek ini. Adapun target operasionalnya di Agustus 2026.

Tidak sampai disitu, Gibran lanjut blusukan ke Proyek Cibubur Youth Elite Sport Center. Kali ini, ia ditemani Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Wakil Menpora Taufik Hidayat, dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Diana Kusumastuti.

Di lokasi ini, Gibran kembali mengenakan helm dan rompi safety. Suami Selvi Ananda ini mendengarkan dengan seksama penjelasan perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum terkait progres dari proyek Cibubur Youth Elite Sport Center.

Kemudian, mereka melihat progres yang sedang berlangsung. Ada beberapa fasilitas yang rampung, ada juga yang tengah dikebut proses pengerjaannya.

Untuk diketahui, Cibubur Youth Elite Sport Center telah dibangun sejak awal 2024. Pengerjaan proyek ini ditargetkan selesai pada akhir atau pertengahan Desember mendatang.

Proyek ini dibangun sebagai wujud dukungan pemerintah terhadap kesiapan atlet Indonesia. Kemudian juga lokasi ini rencananya akan menjadi pusat pelatihan sejumlah cabang olahraga, seperti panahan, panjat tebing, renang, gymnastic, dan cabang lainnya.

"Yang saya lihat tadi sudah sesuai timeline. Lalu ini kita ada di Youth Elite Training Center yang ada di Cibubur, yang insyaallah, nanti akan selesai di akhir Desember," tutur Gibran.

Di kesempatan yang sama, Dito mengatakan, Cibubur Youth Elite Sport Center nantinya dimaksimalkan untuk pembinaan alet muda. Harapannya, atlet yang ditempa di sentral tersebut dapat berpentas bahkan berprestasi di Olimpiade 2028.

Ini mengejar Olimpiade 2028. Semua cabang olahraga prioritas yang disiapkan untuk Olimpiade sudah punya standar internasional. Kami berharap pembinaan terfokus di sini karena selain ada fasilitas, ada dormitory-nya juga, ada sekolahnya juga," ucap Dito.

Kata politisi Partai Golkar ini, fase selanjutnya akan dibangun rumah sakit olahraga nasional yang jadi pusat sport science. "Jadi di kompleks Cibubur ini kami modernisasi dan kami maksimalkan fungsinya," urai Dito.

Sedangkan Taufik meyakini, hadirnya Cibubur Youth Elite Sport Center bisa mendompleng kualitas atlet-atlet yang fokus tampil di Olimpiade Los Angeles 2028. "Yang pasti, alhamdulillah punya fasilitas, meskipun ini masih dalam proses, tapi saya tambah yakin dengan Pak Menteri apalagi sekarang dengan ada Pak Wapres datang ke sini meninjau langsung,” katanya.

Taufik berjanji akan terus memantau progres pembangunan agar cepat selesai. "Tadi juga ada Wamen dari PU. Kami akan menggenjot. Tadi kami harusnya dua bulan, dengan kami datang semua, sebulan semoga jadi," harapnya.

Legenda hidup bulutangkis Indonesia itu juga menambahkan, pembangunan Cibubur Youth Elite Sport Center jadi salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Apalagi, Presiden Prabowo Subianto telah mengarahkan kepadanya agar pada Olimpiade 2028, kontingen Indonesia bisa mendapatkan lebih banyak lagi medali emas.

"Terlepas dari itu, kita harus fokus atletnya. Ke depannya, kita persiapkan bahwa kita jangka panjangnya itu sesuai arahan Bapak Presiden juga bahwa target kita melebihi dua medali emas di Olimpiade 2028," pungkasnya.

Sebelumnya, pada Senin (21/10/2022), Gibran juga melakukan blusukan meninjau proyek MRT Bundaran HI-Kota. Pada kesempatan itu, dia ditemani Menteri Perhubungan Dudy Purwaghandi dan Pj Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo