TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Investasi dari Hongkong Terbanyak

PMA Terus Meningkat

Oleh: mg.2
Kamis, 24 Oktober 2024 | 09:58 WIB
Ist.
Ist.

TANGERANG - Kota Tangerang kini semakin menarik perhatian dunia. Berkat lokasinya yang strategis dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) sebagai salah satu gerbang utamanya serta fasilitas yang memadai, kota ini terus mengalami pertumbuhan pesat dalam berbagai sektor khususnya investasi asing.

Pada tahun 2024, geliat investasi terus menunjukkan tren positif, terutama di sektor Penanaman Modal Asing (PMA). Data menunjukkan bahwa hingga triwulan ketiga 2024, realisasi investasi mencapai Rp 11,17 triliun atau 77,62 persen dari target yang dipatok sebesar Rp 14,39 triliun. 

Dari jumlah itu, PMA menyumbang Rp 5,78 triliun sementara Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 5,4 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang, Sugihharto Achmad Bagdja membenarkan hal tersebut.

Bahkan, Angka itu sudah di atas capaian tahun 2022 dan sudah sekitar 82,45 persen dari PMA tahun 2023. 

“Pastinya, hingga triwulan IV kami terus optimis, realisasi PMA Kota Tangerang tahun 2024 akan melebihi tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Sejak 2019, PMA di Kota Tangerang mencatatkan kinerja yang stabil. Setelah sempat menurun di tahun 2020 akibat pandemi virus corona atau Covid-19, tren positif kembali terlihat dengan peningkatan signifikan pada tahun-tahun berikutnya. Hingga akhirnya melesat pada tahun 2023 dengan nilai Rp 7,01 triliun.

Ia juga menguraikan asal negara investor terbesar di Kota Tangerang pada 2024. Pada triwulan pertama, Hongkong mencatatkan investasi terbesar dengan Rp 2,14 triliun, diikuti Singapura Rp 346 miliar dan Malaysia Rp 224 miliar. Triwulan kedua didominasi oleh Inggris Rp 916 miliar, sedangkan Swiss memimpin pada triwulan ketiga Rp 159 miliar.

Secara keseluruhan, tiga negara penyumbang PMA terbesar di Kota Tangerang pada 2024 adalah Hongkong Rp 2,41 triliun, Inggris Rp 1,07 triliun dan Singapura Rp 806,22 miliar. 

“Tentu, harapannya angka tersebut terus menggeliat dan meningkat untuk akhirnya menjadi kemajuan Kota Tangerang dan kesejahteraan warganya,” terangnya.

Dengan performa yang semakin mengesankan, Kota Tangerang membuktikan diri sebagai magnet investasi yang terus bersinar di kancah internasional, menawarkan peluang emas bagi para investor global.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo