TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Distan Siapkan Desain Panen Tiap Bulan

Laporan: Redaksi
Kamis, 24 Oktober 2024 | 08:30 WIB
Kadistan Banten, Agus M Tauchid.
Kadistan Banten, Agus M Tauchid.

SERANG - Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten tengah mendesain tanam bawang merah agar bisa melakukan kegiatan panen bawang merah tiap bulan.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M Tauchid mengatakan, penanaman bawang merah tersebut bekerja sama dengan sekolah lapang Bank Indonesia, serta Pemkot Serang.

Adapun pemilihan lokasi penanaman, Distan Banten memilih Kelurahan Sawah Luhur, Kasemen, Kota Serang sebagai tempat yang dianggap cocok dalam aktivitas tanam bawang merah tersebut.

"Ada 10 hektare (lahan, red). Kami ciptakan nanti, sekarang tanam, nanti mulai Desember sudah mulai panen. Bahkan kami akan desain setiap bulan akan terjadi panen," ujar Agus kepada wartawan, Rabu (23/10).

Kadistan mengatakan, bahwa upaya tersebut pihaknya laksanakan dengan tujukan untuk menjaga kestabilan harga bawang merah di pasaran.

Sebab, kata Agus, pada bulan September lalu, Banten mengalami deflasi yang aman hal ini menandakan adanya produk seperti cabai dan bawang merah akhir-akhir ini cukup baik.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kelompok tani yang berupaya menjaga kestabilan harga dengan produksi bawang merah sistem tumpang sari dengan tanaman padi.

"Sistem tumpang sari bawang merah dan padi merupakan langkah yang baik," ungkapnya.

"Selanjutnya adalah mengupayakan para petani dapat mengakses bantuan peralatan untuk meningkatkan produksinya," sambungnya.

Agus mengatakan, pihaknya akan terus membantu mengelola hasil tani dari bantuan alat berat dan bibit Kementerian Pertanian RI untuk Polda Banten kepada kelompok tani.

Adapun bantuan yang diberikan yakni dua unit mesin combine harvester, 10 unit mesin handtractor, 64.875 kg benih jagung jenis maxxi setara 4.325 hektar, serta 360 pak benih cabai setara 30 hektar.

"Ini akan nanti dihibahkan ke Polda Banten, nanti Polda Banten akan dengan binaannya (menggunakan dan menyimpan, red), kita mengelola," tandasnya.

Sementara, Kapolda Banten, Irjen Pol Suyudi Ario Seto menjelaskan bahwa penyerahan bantuan peralatan dan benih pertanian dari Kementerian Pertanian RI kepada Polda Banten, sebagai salah satu langkah nyata dalam mendukung ketahanan pangan nasional, khususnya di wilayah Provinsi Banten. Sekaligus membantu pelaksanaan program polisi peduli pengangguran (Poliran) Polda Banten.

"Ketahanan pangan adalah salah satu pilar penting yang menjamin stabilitas sosial dan ekonomi bangsa ditengah tantangan global yang semakin kompleks," ujar Kapolda.

"Bantuan peralatan dan benih pertanian yang diberikan hari ini diharapkan dapat memfasilitasi petani kita dalam meningkatkan hasil pertanian mereka," sambungnya.

Komentar:
Berita Terkini
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo