TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Wapres Gibran Rajin Blusukan

Oleh: Farhan
Kamis, 24 Oktober 2024 | 09:31 WIB
Wapres Gibran saat berada di SMPN 270 Kelapa Gading. Foto : Ist
Wapres Gibran saat berada di SMPN 270 Kelapa Gading. Foto : Ist

JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka kembali melakukan blusukan pada hari keempatnya sebagai Wakil Presiden. Mantan Wali Kota Solo itu, punya alasan kenapa rajin blusukan. “Kami ini pembantunya Pak Presiden,” katanya.

Sejak dilantik 20 Oktober 2024, Gibran sudah blusukan ke beberapa proyek nasional. Teranyar, dia memantau uji coba pelaksanaan Program Makan Bergizi Gratis, di SMP Negeri 270 Pegangsaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (23/10/2024).

Kunjungannya kali ini didampingi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Teguh Setyabudi. Keduanya tiba di lokasi sekitar pukul 11.00 WIB siang. Gibran datang mengenakan kemeja biru digulung sesiku dan celana hitam.

Setibanya di sekolah, Gibran langsung mendatangi beberapa kelas untuk melihat proses pembagian 700 bungkus makan bergizi gratis ke 650 siswa. Menu yang dibagikan berupa nasi putih, ayam goreng, tempe orek, tumis kacang panjang, buah, dan susu. Harga tiap kemasan yang dihidangkan disebut mencapai Rp 23.000.

Di dalam kelas, Gibran melakukan percakapan dengan beberapa murid. Sekaligus meminta pendapat mereka tentang menu makanan yang disajikan.

“Suka?” Tanya Gibran kepada murid bernama Queen. “Suka Pak, enak, mengenyangkan,” jawabnya.

Murid lainnya ikut menyampaikan kegembiraannya mendapat makanan enak dan gratis.

“Pengen nggak ini tiap hari?” tanya Gibran. “Pengen,” sahut para siswa dengan kompak.

Di momen ini, Gibran turut membagikan buku tulis kepada para murid. Dia juga menyempatkan diri berfoto bersama dengan para guru dan murid.

Usai kegiatan, Gibran menyampaikan, mendapat tugas mengawal implementasi pelaksanaan program unggulan Prabowo. Ia menekankan, pentingnya manfaat makanan bergizi pada generasi usia sekolah.

Menurutnya, hal tersebut akan berdampak pada peningkatan konsentrasi belajar dan kesehatan anak-anak. Dalam jangka panjang, kata dia, program ini tentu akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Oleh karenanya, Gibran menegaskan, sebagai pembantu Presiden Prabowo Subianto, punya peran memastikan pembangunan yang sedang berlangsung berjalan sesuai dengan rencana.

“Kami ini pembantunya Presiden, kami pastikan pembangunan yang ada, pembangunan yang sudah berjalan, ini bisa tereksekusi dengan baik sesuai timeline yang ada,” kata Gibran.

Sejak dilantik, Gibran memang telah meninjau beberapa proyek nasional yang dikerjakan Pemerintah. Seperti memantau pembangunan Stasiun Monas dan Stasiun Thamrin yang termasuk proyek MRT Fase 2 dan melihat pembagian makan siang bergizi gratis SD 03 Menteng.

Bukan cuma itu, suami Selvi Ananda ini, juga ikut meninjau perkembangan pekerjaan jalur Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase IB Velodrome-Manggarai yang memiliki panjang 6,4 kilometer, hingga blusukan ke Cibubur Youth Elite Sport Centre di Jakarta Timur.

“Nanti kami akan cek tempat-tempat lain juga,” ungkap Gibran.

Gibran menekankan, proyek pembangunan strategis nasional harus berjalan sesuai rencana. Ia berharap, dengan terjun langsung ke lapangan, dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan dan program-program Pemerintah.

“Yang jelas, kami pastikan proyek strategis nasional bisa berjalan dengan baik sebelum diresmikan oleh Pak Prabowo,” tegasnya.

Disinggung apakah aksi blusukan yang mirip gaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, bakal terus dilakukan, Gibran belum bisa memastikan. Soal pembagian tugas, Gibran menunggu arahan dari Prabowo.

Namun, dia menyebut tugasnya mirip seperti tugas Wapres sebelumnya, Ma’ruf Amin. “Kurang lebih masih sama,” jelasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo