TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Kantongi Modal Kepercayaan Dari Rakyat 85%

Oleh: Farhan
Senin, 28 Oktober 2024 | 09:47 WIB
Prabowo seusai pelantikan Presiden di MPR. Foto : Ist
Prabowo seusai pelantikan Presiden di MPR. Foto : Ist

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto mendapatkan modal kepercayaan publik sangat tinggi di masa awal-awal pemerintahannya. Berdasarkan survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, kepercayaan publik ke Prabowo mencapai 85,3 persen.

Survei ini dilakukan 10-15 Oktober 2024 atau lima hari sebelum Prabowo dilantik. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, 85,3 persen sangat yakin Prabowo bisa membuat Indonesia lebih baik dari saat ini.

"Kita bisa simpulkan dari data ini, adalah terjadi semacam bulan madu publiknya Pak Prabowo," ucapnya, saat memaparkan hasil survei secara virtual, Minggu (27/10/2024).

Kata Burhan, angka ini bagai pisau bermata dua. Satu sisi menunjukkan legitimasi dan modal politik Prabowo sangat besar. Di sisi lain, jika pemerintahan gagal, kekecewaan publik sama besarnya.

Tingkat kepercayaan terhadap Prabowo di awal pemerintahan ini melebihi hasil survei kepada Presiden Indonesia sebelum-sebelumnya. "Terus terang public confidence terhadap presiden-presiden sebelum Pak Prabowo lebih tinggi rendah," ungkap Burhan.

Ia menjelaskan, tingginya tingkat kepercayaan publik terhadap Prabowo, salah satunya karena pengaruh basis dukungan Presiden ke-7 RI Jokowi. Selama ini, Jokowi memang memberikan dukungan penuh ke Prabowo. Bahkan membantu dalam proses transisi pemerintahan.

Pemerintahan Prabowo menyambut baik hasil survei ini. Wakil Menteri Transmigrasi Viva Yoga Mauladi mengatakan, survei ini merupakan potret harapan publik dan pertanda bahwa Prabowo memiliki legitimasi politik yang kuat di mata rakyat.

Rakyat menaruh harapan yang sangat besar terhadap Presiden Prabowo beserta dengan kabinetnya," ujar Viva, saat dihubungi Redaksi, Minggu (27/10/2024).

Viva pun meminta doa dari rakyat agar Kabinet Merah Putih dapat bekerja maksimal. Agar bisa melayani dan membawa aspirasi rakyat, semata-mata untuk kepentingan bangsa Indonesia.

"Agar Indonesia lebih maju, lebih modern, lebih bermartabat, lebih adil, dan lebih sejahtera," ucap politisi PAN ini.

Dari pihak parpol koalisi juga senang dengan hasil survei ini. Sekjen Golkar Muhammad Sarmuji menilai, hasil survei ini menjadi tambahan energi untuk Kabinet Merah Putih dalam usaha menyejahterakan rakyat Indonesia.

"Ini modal awal yang bagus bagi Pak Prabowo. Dukungan kepercayaan rakyat harus dimanfaatkan untuk melaksanakan program prioritas yang sudah dicanangkan," tutur Sarmuji, Minggu malam (27/10/2024).

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani juga merespons positif hasil survei ini. Menurutnya, ini pertanda bahwa rakyat memberi dukungan terhadap Prabowo. Apalagi, Prabowo juga konsisten dalam ide, gagasan, dan konsep dalam membangun Indonesia, sebagaimana disampaikan dalam pidato perdana, usai dilantik, di MPR, 20 Oktober lalu.

"Beliau secara komprehensif dan paripurna mempresentasikannya sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan," tutur Kamhar, Minggu malam (27/10/2024).

Menurutnya, publik merindukan model kepemimpinan seperti Prabowo yang memiliki konsep utuh dari nasionalisme yang kuat dan didukung pengetahuan global. "Ini antara lain yang membuat optimisme publik terhadap kepemimpinan Pak Prabowo sangat tinggi," ulas Kamhar.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo