TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Diskominfo Tangsel Perkuat Strategi Penanganan Isu Publik dan Krisis Komunikasi di Era Digital

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 30 Oktober 2024 | 19:23 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Perkembangan zaman menuju era digital, menuntut dunia kehumasan untuk akselerasi, bukan hanya sekadar sebagai penyampai informasi semata. Namun juga sebagai benteng kokoh dalam menghadapi isu publik dan krisis komunikasi.  

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangsel, Tb Asep Nurdin dalam Forum Kehumasan bertema "Teknik dan Strategi Mengelola Isu Publik dan Krisis Komunikasi".

"Kehumasan saat ini sangat strategis. Tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga menjaga hubungan baik antara pemerintah dan masyarakat. Apalagi di tengah maraknya hoaks dan disinformasi, kita harus bisa bergerak cepat, akurat, dan inovatif,” ujar Tb Asep, Rabu (30/10). 

Ia menekankan, komunikasi yang baik dapat meningkatkan kepercayaan publik, serta mempercepat penyebaran informasi penting. 

Selain itu, komunikasi yang baik juga dapat membangun citra positif yang krusial bagi kemajuan wilayah termuda se-Provinsi Banten ini. 

“Melalui forum ini, kita bisa menyelaraskan pemahaman tentang pentingnya komunikasi publik yang efektif memperkuat literasi digital, memanfaatkan data analytics dalam strategi komunikasi, berkolaborasi untuk mengatasi isu-isu di masyarakat dan menjaga kepercayaan publik,” terangnya.

Forum ini juga menghadirkan konsultan krisis komunikasi, Suharjo Nugroho, yang memaparkan strategi dalam menangani krisis dengan cepat dan efektif.

Menurut pria yang akrab disapa Om Jojo ini, kecepatan merupakan hal penting dalam menangani krisis komunikasi agar tidak membesar dan merusak reputasi.

“Isu yang tidak dikelola dan tidak ditangani dengan cepat bisa berubah menjadi krisis, dan ini tentu akan mengancam instansi. Dalam situasi seperti ini, setiap detiknya sangat berharga,” tuturnya.

Ia memaparkan langkah-langkah yang diperlukan oleh humas dalam menangani krisis komunikasi dari isu publik yang melibatkan suatu instansi di momen tertentu mulai dari merancang strategi, menyusun pernyataan resmi, hingga berkoordinasi dengan media.

“Semakin kita tunda penyelesaian krisis, tetapi di beberapa kasus dalam krisis tersebut, akan semakin melonjak. Penting kemudian untuk membuat list prioritas,” tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo