TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Catat! Berikut Tips Membeli Hewan Kurban yang Terbebas PMK di Tangsel

Laporan: Rachman Deniansyah
Jumat, 24 Juni 2022 | 20:12 WIB
Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tangerang Selatan dan Pemprov Banten saat mengecek kesehatan hewan kurban di Tangsel. (tangselpos.id/rmn)
Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tangerang Selatan dan Pemprov Banten saat mengecek kesehatan hewan kurban di Tangsel. (tangselpos.id/rmn)

SETU, Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, banyak masyarakat Kota Tangerang Selatan yang mencari dan membeli hewan-hewan kurban.

Namun untuk membelinya, masyarakat kini harus lebih teliti. Jangan sampai hewan kurban yang dibelinya itu sakit.

Apalagi, penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) cukup mengkhawatirkan, termasuk di Tangsel.

Namun, jangan khawatir. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tangerang Selatan, Yepi Suherman, punya tips aman untuk berbelanja hewan kurban yang sehat.

Langkah pertama, lanjut Yepi, tentu harus diperhatikan fisik dari hewan itu sendiri.

"Pertama harus dilihat fisik hewan ternak, sorotan mata jernih, dan hidungnya basah," kata Yepi kepada awak media, dikutip Jumat (24/6/2022).

Selanjutnya, harus diperhatikan pula kondisi hewannya. Jangan memilih hewan yang terlihat lemas. Pastikan hewan kurban yang dipilih itu bergerak Dengan aktif.

"Lalu pastikan kulitnya tidak kusam," imbuhnya.

Setelah melihat kondisi fisik dan pergerakkan hewan, lanjut Yepi, pembeli juga harus memastikan bahwa penjual memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

"Tanyakan mana SKKH-nya. Yang sudah kita cek kita kasih stiker, dan kita berikan SKKH. Surat itu menunjukkan bahwa hewan tersebut dalam keadaan sehat," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, sejak Mei hingga Juni 2022 tercatat ada sejumlah 35 ekor hewan yang terjangkit PMK di Tangsel.

Seiring berjalannya waktu, 10 ekor sapi telah dinyatakan sembuh. Sedangkan sisanya tengah dalam masa perawatan intensif.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo