TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jembatan Villa Cinere Mas Sekarang Lebih Eksotik

6 Bulan Digarap, Jadi Penghubung Tangsel Ke DKI & Depok

Laporan: Sudin Antoro
Senin, 06 Maret 2023 | 07:57 WIB
foto: Ist
foto: Ist

CIPUTAT TIMUR-Akses dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menuju DKI Jakarta dan Kota Depok kini semakin mudah. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel baru saja menyelesaikan perbaikan Jembatan Villa Cinere Mas, di Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur.

Jembatan tersebut sudah rampung ditinggikan. Kini panjangnya 20,8 meter dengan lebar 10 meter. Jembatan ini menjadi akses lalu lintas dari Tangsel ke DKI maupun Kota Depok atau sebaliknya.

Jumat (3/3), akses penghubung ini diresmikan Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan. Dalam peresmian itu, Pilar didampingi Lurah Pisangan Tb Apriliadhi, Camat Ciputat Timur Hamdani HS, dan Sekretaris Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Tangsel Rossi Yuliandi, ST.MT serta RW 13 Villa Cinere Mas dan Staf Ahli Pemkot Tangsel Retno.

“Jembatan Cinere Mas panjang 20 meter dengan lebar 10 meter, menggunakan konstruksi slab yang menghubungkan wilayah Kota Tangsel menuju Depok dan Jakarta. Alhamdulillah kita resmikan setelah digarap selama 6 bulan,” ujar Pilar.

Dengan dibangunnya jembatan ini, dapat mempermudah akses masyarakat sekitar maupun secara luas. Terlebih kini ada dua jalur, eksisting dan bangunan baru. 

Pilar melanjutkan, jembatan memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan sebagai penghubung antar wilayah. “Dengan dibangunnya jembatan mudah-mudahan memberikan manfaat supaya kemacetan dapat terurai,” tambah Pilar.

Tentu minimnya fasilitas, turut menghambat aktivitas masyarakat dari berbagai aspek. Di sinilah Pemerintah Kota Tangsel sangat konsen bagaimana kendala-kendala demikian cepat diatasi. Sehingga tidak berimbas pada sisi lain.

“Jangan sampai ketinggalan karena masyarakat setiap hari bolak-balik kerja juga menjalankan roda ekonomi dan pendidikan. Tolong dirawat dan jangan ada corat-coret. Karena ini adalah aset kita,” pesannya.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Tangsel, Rossi Yuliandi ST.MT menambahkan, jembatan eksisting dahulunya kerjasama dengan Kota Depok, Jawa Barat.

“Jadi jembatan awal yang sekarang dibangun. Namun kondisinya masih rendah, sehingga disesuaikan ketinggiannya guna mengantisipasi banjir,” ujarnya.

Dirinya berharap tidak sampai ekstrim kondisi jembatan saat hujan lebat turun. Mengingat debit air Sungai Pesanggrahan yang melintasi jembatan cukup tinggi, sehingga menyebabkan jembatan terendam. Sebelum jembatan ditinggikan hampir terendam.

“Karena kami belum tahu tata guna lahan di hulu, khawatirnya banyak perumahan sehingga bisa terendam. Makanya kami buru-buru melakukan peninggian,” jelas ia.

Ia berharap di titik jembatan, penerangan jalan umum perlu ditambah. Demikian juga rambu-rambu lalu lintas dapat diperhatikan.

“Kami berharap ditambah penerangan dan rambu-rambu. Dari sisi Tangsel aksesnya sudah lebar sedangkan untuk ke Depok masih sempit sehingga perlu kehati-hatian,” harapnya.

Lurah Pisangan, Tb Apriliadhi menambahkan, dengan diresmikannya Jembatan Villa Cinere Mas tepatnya di RW 013 membuat transportasi warga bukan khususnya Kelurahan Pisangan dan masyarakat lain yang melewati jalan tersebut lebih lancar.

“Karena Right of way (ROW)-nya lebih besar. Jadi pintu masuk dari warga Jakarta dan Depok, saat menuju Tangsel melintasi pintu masuk yang lebih cantik saat ini,” jelasnya.

Ketua RW 013 Villa Cinere Mas, Hendri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Lurah, Camat, dan Wakil Wali Kota yang datang dan meresmikan jembatan. 

"Kondisi jembatan sebelumnya sepi. Dan memang hanya satu jembatan untuk akses masuk keluar perbatasan. Namun tentunya dengan adanya pembangunan jembatan ini sehingga menjadi dua, ini lebih lancar akses keluar masuk," bebernya. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo