TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jelang Idul Fitri 1444 H, BI Banten Siapkan Uang Baru Rp3,6 Triliun

Oleh: BNN
Selasa, 28 Maret 2023 | 15:13 WIB
Kepala BI Banten Imaddudin Sahabat. (Ist)
Kepala BI Banten Imaddudin Sahabat. (Ist)

SERANG – Menjelang lebaran Idul Fitri 1444 H, Bank Indonesia (BI) kantor perwakilan Banten menyiapkan uang pecahan emisi terbaru sebesar Rp3,6 Triliun. Jumlah itu, terdapat kenaikan sebesar 14 persen dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai Rp3,2 Triliun.

Masyarakat Banten yang ingin melakukan penukaran uang, terlebih dahulu mengunjungi aplikasi Pintar di website BI untuk mengisi form yang sudah disediakan. Setelah itu, baru kemudian mendatangi beberapa bank yang sudah ditunjuk atau mobil BI di sejumlah titik yang sudah ditentukan.

“Ada 199 kantor/titik seperti bank BJB, Mandiri, BNI, BRI, BJB Syariah, BTN atau mobil BI layanan yang tersebar di wilayah Provinsi Banten mulai tanggal 27 Maret sampai dengan 20 April 2023,” kata Kepala BI Banten, Imaddudin Sahabat, Selasa (28/3/2023).

Tahun ini, lanjutnya, BI Banten menggulirkan program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi), dengan kampanye paham rupiah yaitu belanja bijak sebagai pemahaman fungsi rupiah dan pengelolaannya.

“Kita siapkan itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam rangka menjelang hari raya, apalagi ada pertimbangan kebijakan agar uang itu tetap bersih. Kemudian kita juga ingin membantu masyarakat yang ingin memeriahkan hari raya dengan uang baru,” ujarnya.

Selain melakukan penukaran uang, tambahnya, BI juga melakukan pengawasan dan intervensi terhadap harga-harga kebutuhan pokok selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri agar tetap stabil. Intervensi itu salah satunya dilakukan melalui Operasi Pasar (OP), sehingga pasokan menjadi bertambah dan harga menjadi stabil.

“Sekarang ini kan secara nasional harga cabe merah dan rawit sedang naik, makanya kita fokus terkait itu. Kalau untuk pasokan beras, di Banten sendiri terbilang masih aman, karena beberapa bulan lalu kita sudah memasuki masa panen raya,” katanya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo