TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Parpol Rame-rame Dukung Presiden Cawe-cawe Gelar Pemilu Jurdil

Oleh: Nita
Selasa, 30 Mei 2023 | 16:51 WIB
Politisi PDIP Hendrawan Supratikno. Foto : Ist
Politisi PDIP Hendrawan Supratikno. Foto : Ist

JAKARTA - Presiden Jokowi memastikan akan ikut mengawal dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Jokowi juga berharap penerusnya dapat mengawal dan melanjutkan kebijakan-kebijakan strategis.

Misalnya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, hilirisasi, transisi energi bersih, dan lain-lain. Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan dengan pimpinan media di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/5).

Lantas, seperti apa tanggapan partai politik perihal komitmen Jokowi ini? PDI Perjuangan sependapat apa yang disampaikan Jokowi.

Dengan kesinambungan pembangunan, Indonesia yang lebih berdaya saing, lebih makmur, dan keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah merupakan harapan rakyat Indonesia.

"Juga siapa yang tidak mendambakan sistem demokrasi yang efektif dan memperkuat persatuan, dan bukan demokrasi gontok-gontokan yang melemahkan modal sosial kita sebagai satu negara dan bangsa," kata politisi senior PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno, Selasa (30/5).

Sementara dengan adanya penjelasan ini, diakui Golkar bisa mendegradasi kecurigaan-kecurigaan yang belakangan ini dialamatkan kepada Jokowi.

"Tidak perlu ada kecurigaan berlebihan jika Pak Jokowi terlibat dalam proses transisi kepemimpinan," pinta politisi Golkar Sarmuji.

Untuk itu, dia mengajak pihak-pihak yang menuding Jokowi ikut campur dalam penentuan capres berpikir positif.

"Saya yakin cawe-cawe Pak Jokowi akan berbuah baik," imbuh Ketua DPD Golkar Jawa Timur tersebut.

PKB mengapresiasi komitmen Jokowi yang berupaya menghadirkan demokrasi sehat dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Saya rasa komitmen Presiden sangat jelas dan tegas. Suatu sikap negarawan yang harus kita apresiasi. Jadi tidak perlu ada yang dikhawatirkan, malah kita merasa lega dan firm," cetus Ketua DPP PKB Daniel Johan.

PPP memastikan apa yang disampaikan Jokowi merupakan curahan hati dari seorang kepala pemerintahan. Dengan demikian, konsistensi Kepala Negara perlu dikawal.

"Apa yang disampaikan Presiden Jokowi memang adalah kehendak kita semua. Semoga Pak Jokowi dan kita semua konsisten dengan sikap ini," tutur Ketua DPP PPP Saifullah Tamliha.

Di sisi lain, PKS mendukung komitmen Jokowi menyukseskan Pemilu 2024. Apalagi jika pelaksanaan Pemilu benar-benar berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

"Cawe-cawe positif kita dukung. Biarkan para capres yang akan bertanding dilaksanakan secara fair," papar Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri.

Komentar:
Eka Hospital
Bapenda
ePaper Edisi 28 Mei 2024
Berita Populer
01
02
Datangkan Pemain ke-12, Sparta Usir Habib FC

Olahraga | 1 hari yang lalu

03
Puncak Musim Kemarau Juli-Agustus

Nasional | 2 hari yang lalu

04
06
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo