TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dishub Tangsel Cari Solusi Pecahkan Kemacetan di Ciputat

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 30 Mei 2023 | 18:24 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG UTARA, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Perhubungan (Dinas Perhubungan) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berkomitmen untuk mewujudkan keselamatan dan kelancaran lalu lintas. 

Upaya tersebut salah satunya dilakukan dengan penandatanganan Komitmen Bersama untuk Menjalin Sinergitas Antar Stakeholder dalam Meningkatkan Keselamatan dan Kelancaran Lalu Lintas, yang berlangsung di wilayah Serpong Utara, Tangsel, Selasa (30/5/2023) 

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan, mulai dari jajaran Dishub Kota Tangsel, Satlantas Polres Tangsel, Satpol PP, tokoh masyarakat, hingga perwakilan universitas. 

Kepala Dishub Kota Tangsel, Chaerudin menerangkan, seperti diketahui bahwa transportasi jalan tak ubahnya menjadi ujung tombak dan urat nadi seluruh aktivitas manusia. 

"Sebagai penunjang, penggerak, dan pendorong pembangunan serta berperan sebagai urat nadi kehidupan ekonomi, politik, sosial budaya, dan pertahanan keamanan untuk mewujudkan sistem transportasi jalan yang handal, berkemampuan tinggi dalam pembangunan serta meningkatkan mobilitas manusia dan barang, guna mendukung pengembangan daerah," ujar Chaerudin. 

Maka dari itu, lanjut Chaerudin, penataan sistem transportasi yang baik harus . Untuk mewujudkannya, harus mengedepankan faktor efisiensi dan keamanan. 

"Efisien dapat diukur dari kecepatan dan biaya yang digunakan, sedangkan aman dapat diukur dari keselamatan perjalanan sampai ketempat tujuan," katanya. 

Jika kedua hal tersebut tak dapat terwujud, maka yang timbul hanyalah masalah kemacetan. "Kemacetan yang akan berakibat pada meningkatnya biaya perjalanan," imbuhnya. 

Chaerudin menyebut, masalah kemacetan itulah yang menjadi topik pembahasan dalam acara Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) tersebut. Dishub Kota Tangsel dan seluruh stakeholder berkomitmen untuk memecahkan persoalan tersebut. 

"Kemacetan lalu lintas yang terjadi di Kota Tangerang Selatan merupakan dampak dari meningkatnya pertumbuhan kendaraan tanpa diimbangi oleh peningkatan kapasitas jalan. Oleh karena itu, diperlukan adanya manajemen dan rekayasa lalu lintas untuk mengoptimalisasi kinerja ruas jalan dan simpang yang ada di Kota Tangerang Selatan," terangnya. 

Chaerudin memaparkan, salah satu lokasi yang kerap menyebabkan kemacetan berada di wilayah Ciputat, yakni daerah yang berbatasan langsung dengan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. 

"Ruas Jalan Ir. H. Juanda Kecamatan Ciputat Timur dan ruas Jalan Dewi Sartika Kecamatan Ciputat yang berbatasan langsung dengan wilayah Jakarta Selatan," paparnya. 

Ia menyebut, kemacetan dapat dipicu oleh beberapa faktor. Salah satunya, yakni imbas dari banyaknya volume lalu lintas dari dan menuju DKI Jakarta yang seringkali terjadi. 

"Baik pada waktu jam sibuk pagi dan sore hari. Oleh karena itu, perlu adanya wadah komunikasi antar stakeholder untuk mencari solusi dalam menangani kemacetan lalu lintas di sepanjang ruas jalan Ir. H. Juanda dan Dewi Sartika," tegasnya. 

Ia berharap agar forum ini dapat mberfungsi sebagai wadah untuk mensinergikan tugas pokok dan fungsi setiap penyelenggara lalu lintas dan angkutan.

"Setiap instansi pemerintah beserta stakeholder terkait berkewajiban menyelenggarakan lalu lintas dan angkutan jalan yang berkeselamatan, aman, dan nyaman di wilayah Kota Tangerang Selatan. Semoga dengan adanya forum lalu lintas ini dapat mewujudkan terselenggaranya sistem transportasi yang lebih baik dan berkurangnya titik kemacetan lalu lintas, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta pembangunan di wilayah Kota Tangerang Selatan," pungkasnya.

Komentar:
Kecamatan Pamulang
ePaper Edisi 24 Juni 2024
Berita Populer
04
Jemaah Haji Asal Tangsel Aman Dari Heatstroke

TangselCity | 1 hari yang lalu

05
Dipicu Pelaksanaan Haji, Cak Imin & Yaqut Kembali Memanas

Ibadah Haji 2024 | 1 hari yang lalu

08
09
10
Jokowi Effect Di Pilkada

Nasional | 2 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo