TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Beragam Manfaat Jeruk untuk Kesehatan

Oleh: Mg.1
Minggu, 09 Juli 2023 | 16:27 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi. Bahkan, buah ini menjadi alternatif untuk memenuhi gizi setiap harinya. Jeruk juga mengandung mineral potasium dan fosfor yang berfungsi mencegah penyakit kronis. 

Jeruk dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, seperti melindungi tubuh dari penyakit kanker dan dehidrasi. Tentunya, masih banyak manfaat lainnya dari buah jeruk. 

Berikut 9 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Tubuh:

1. Memperkuat Imun Tubuh

Jeruk dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian pada tubuh. Vitamin ini berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mengandung vitamin C dan serat, jeruk juga mengandung potasium, kalium, serta folat. Kalium mendukung kesehatan jantung, otot, dan tulang. Sedangkan volat, merupakan vitamin B yang membantu dalam membuat sel darah merah dan DNA.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Kulit jeruk mengemas beberapa kandungan flavonoid dan vitamin C tertinggi daripada bagian lainnya. Flavonoid dalam kulit jeruk juga membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

4. Membantu Menghidrasi Tubuh

Pada satu buah jeruk, terdapat 118 mil air yang mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Secara umum, laki-laki dewasa membutuhkan 3,7 liter cairan per hari sedangkan wanita sebesar 2,7 liter.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Jus jeruk terbukti dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa, dan juga meningkatkan fokus sehingga dapat berpikir jernih. Meminum jus jeruk juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak. 

6. Melindungi dari Penyakit Kronis

Jeruk mengandung flavonoid yang memiliki zat anti oksidan, anti inflamasi, anti virus, dan anti mikroba. Kandungan ini membantu melindungi sel dari kerusakan dan stres oksidatif. Sedangkan, beberapa penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung disebabkan karena adanya sel yang rusak. 

7. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan magnesium pada jeruk, mampu membangun tulang, menguatkan gigi, membantu otot, memperkuat kekebalan tubuh, mengatur detak jantung, dan masih banyak lainnya. 

8. Mengurangi Lemak Perut

Kandungan serat dalam jeruk mampu membantu mengurangi kolesterol dan lemak perut. Sebab, jeruk mengandung flavonoid atau senyawa antioksidan yang dapat membantu mengurangi massa lemak.

9. Mencegah Anemia

Kandungan vitamin C pada jeruk mampu membantu tubuh menyerap zat besi. Zat tersebut penting untuk menyusun protein hemoglobin (Hb) dalam darah. Kecukupan Hb memungkinkan tubuh tidak kekurangan oksigen.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo