TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

MUI Tangsel Kajian Kitab Kuning Keliling Ke Tujuh Kecamatan

Oleh: Redaksi
Rabu, 12 Juli 2023 | 09:00 WIB
Foto ::Ist
Foto ::Ist

PONDOK AREN - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tangsel mengadakan kajian kitab kuning di tujuh kecamatan. Tradisi baca kitab kuning menyimpan banyak khazanah ilmu, baik aspek agama, ilmu pengetahuan hingga kesehatan.

Ketua Umum MUI Tangsel, KH Saidih menyampaikan, kitab kuning merupakan alat untuk melawan fundamentalisme. Sekaligus sekulerisme yang sekarang ini berkembang secara massif. 

"Kitab kuning bukan hanya berisi tentang disiplin ilmu fiqih, akan tetapi juga mengajarkan sikap hidup kepada sesama, kasih sayang, dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Kajian kitab kuning berlangsung pada Selasa (11/7) di Masjid Al-Raihan, kawasan perkantoran Kecamatan Pondok Aren. Kajian kitab kuning ini merupakan program dari MUI Tangsel, dan akan dilaksanakan di 7 kecamatan se-Kota Tangsel.

Saidih menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan tersebut yakni, dalam rangka silaturahmi MUI Tangsel dengan MUI kecamatan yang dikemas dengan pengajian pengurus MUI. Tentunya untuk meningkatkan keilmuan para pengurus MUI.

"Kitab kuning itu sumber pengetahuan yang terbuka, bangsa Eropa mengadopsinya dan mereka berhasil membangun peradaban yang luar biasa. Maka MUI Tangsel ingin ikut melestarikan khazanah keilmuan Islam, sebagai upaya peninggalan para ulama terdahulu, dan agar menimbulkan ghirah khususnya bagi para generasi muda agar tidak meninggalkan kitab kuning," ujarnya.

Kajian perdana ini diawali di MUI kecamatan Pondok Aren, mengkaji kitab Tanwirul Qulub, dengan Muqri KH Bahrudin, direncanakan diadakan rutin tiap bulan dan terbuka untuk umum.

Turut hadir Ketua MUI Kecamatan Pondok Aren KH Udan Maulana, Sekcam Pondok Aren, kepala KUA Pondok Aren, pengurus MUI Tangsel, pengurus MUI Kecamatan Pondok Aren, staf Kecamatan Pondok Aren, dan Ketua MUI Kelurahan se-Pondok Aren.(ars)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo