TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Makan Nasi 3 Kali Sehari Bisa Bikin Diabetes? Simak Penjelasannya

Oleh: Mg.1
Kamis, 03 Agustus 2023 | 10:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Bagi warga Indonesia, belum bisa disebut makan apabila tidak disertai dengan nasi. Meski begitu, terdapat anggapan bahwa nasi merupakan biang kerok penyakit. Bahkan, nasi disebut rentan memicu diabetes. 

Nasi putih termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak, nasi juga dapat meningkatkan kadar gula darah pada tubuh. 

Pada 1 cangkir nasi (150 gram), terdapat 44,5 gram karbohidrat. Energi dari nasi yang tidak digunakan oleh tubuh, akan disimpan dalam bentuk lemak. Hal ini berkontribusi pada peningkatan berat badan, resistensi insulin, dan risiko diabetes.

Walaupun penyebab utama diabetes bukanlah nasi, tetapi mengonsumsi nasi sangat berkaitan dengan penyakit tersebut apabila dikonsumsi secara berlebih. 

Berdasarkan studi dari Harvard School of Public Health Amerika Serikat, dijelaskan bahwa seseorang yang mengonsumsi nasi putih lebih banyak per harinya, memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.

Selain itu, diabetes juga dapat dipicu dengan beberapa faktor lainnya seperti keturunan, gaya hidup, dan lingkungan.

Jika seseorang sudah memiliki riwayat penyakit diabetes, disarankan agar menggunakan nasi yang aman. Nasi yang aman bagi para penderita diabetes yakni nasi hitam, nasi cokelat, dan juga nasi merah.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo