TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Puluhan Ribu Pegawai Honorer Kepung DPR RI

Desak Revisi UU ASN dan Diangkat Jadi PNS

Oleh: Ari Supriadi
Senin, 07 Agustus 2023 | 11:31 WIB
Belasan ribu pegawai honorer dari berbagai daerah, melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (7/8/2023).(Istimewa)
Belasan ribu pegawai honorer dari berbagai daerah, melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (7/8/2023).(Istimewa)

JAKARTA -  Puluhan ribu pegawai honorer dari berbagai daerah, melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Pantauan Tangsel Pos, puluhan ribu honorer dari berbagai daerah, seperi Provinsi Banten, Jawa Tengah, dan Provinsi Lampung, sudah berdatangan sejak pagi dan berkumpul di Gerbang DPR RI.

Para honorer ini dalam aksinya mendesak pemerintah untuk segera merevisi Undang-Undang Nomor: 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mengangkat honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ketua Forum Honorer Provinsi Banten, Taufik mengatakan, pihaknya konsisten memperjuangkan hak para pegawai honorer.

"Kita jangan pulang tanpa hasil, malu kita pulang kalau tanpa hasil," ujar Taufik, saat menyampaikan orasi di atas mobil pengeras suara.

Berdasarkan hasil komunikasi, kata dia, perwakilan honorer akan diterima oleh Staf Kepresidenan di Istana pada pukul 14.00 WIB. Setelah pertemuan itu nantinya akan diketahui hasilnya.

"Kita memperjuangkan revisi UU ASN, kami dari presidium mencoba mempersatukan honorer di Banten. Kita jangan ego, saya nakes, saya guru dan lainnya, kita ini satu. Satu memperjuangkan nasib honorer," pungkasnya.

Orator lainnya, Ahmad Buhori dari Provinsi Banten, mendesak pemerintah untuk segera merevisi UU ASN dan mengangkat honorer menjadi PNS.

Pihaknya berharap, aspirasi yang hari ini disampaikan bisa didengar oleh pemangku kebijakan dan membawa hasil agar honorer bisa disejahterakan.

"Kita berharap semuanya tetap solid dengan mengedepankan asas kekeluargaan. Kita semuanya sama, yakni menginginkan hak honorer yang dijamin oleh negara," kata Buhori.

Ketua Forum Honorer Kabupaten Pandeglang, Yosep Gumilar mengatakan, dengan adanya aksi damai diharapkan dapat terbentuk regulasi yang bisa mengangkat para honorer menjadi ASN dengan otomatis tanpa tes.

"Kami berharap besar kepada pemangku kebijakan untuk mengangkat kami para honorer secara otomatis tanpa tes yang sudah mengabdi puluhan tahun," harapnya.

Sopian Supri (39), honorer Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang, mengaku sudah menjadi honorer selama 21 tahun dan berharap diangkat menjadi PNS tanpa tes.

"Kami berangkat dari Serang jam 6 pagi. Kita datang ke sini (DPR RI, red) untuk memperjuangkan nasib honorer yang sudah lama mengabdi," kata dia.(rie)

 

 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo