TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

430 Relawan Damkar Serpong Utara Dilantik

Laporan: Idral Mahdi
Kamis, 10 Agustus 2023 | 07:10 WIB
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel melantik ratusan relawan Damkar di Serpong Utara, Rabu (9/8).(dra)
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel melantik ratusan relawan Damkar di Serpong Utara, Rabu (9/8).(dra)

SERPONG UTARA-Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan perekrutan 3.966 relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk seluruh lingkungan di Kota Tangsel. Dan baru saja sebanyak 430 relawan Damkar di Kecamatan Serpong Utara dilantik pada Rabu (9/8).

 Para relawan yang baru saja dilantik tersebut tentu diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam melakukan penyelematan jika terjadi kebakaran di lingkunganya masing-masing.

 Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel, Bani Khosiyatullah mengatakan, keseluruhan relawan diberikan edukasi terkait sebab-sebab kebakaran.

 Bahkan ada pelatihan dasar penanggulangan kebakaran, agar para relawan ini bisa melakukan Tindakan pertama ketika adanya kebakaran.

 "Peran mereka, sebelum kami datang, mereka membuat masyarakat untuk tidak panik, membuka akses jalan, serta secara dasar diberi teknik penanggulangan kebakaran," ujarnya usai pelantikan relawan Damkar Kecamatan Serpong Utara.

 Bani melanjutkan, dengan begitu Damkar akan lebih cepat melakukan pemadaman setiba di lokasi. Bahkan menurutnya, respon time jadi fokus utamanya. Dimana dengan respon cepat dari relawan dalam memberika informasi kepada petuga, akan membantu percepatan pemadaman dan penyelamatan.

 "Respon time kan di bawah 15 menit. Untuk mengejar itu, minimal sudah ada tenaga yang membuat situasi kondusif dan membuka akses ke titik api," ucapnya.

 Ia yakin, dengan bekal yang diberikan ke relawan, bisa meminimalisir kejadian kebakaran, hingga penanggulangan agar tak panik.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo