TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pengukuhan PDM Tangerang

Bupati Zaki: Terima Kasih Muhammadiyah Banyak Membantu Program Pemda

Laporan: AY
Minggu, 20 Agustus 2023 | 16:55 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kanan) menerima dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tangerang Suhardi. Foto : Ist
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kanan) menerima dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tangerang Suhardi. Foto : Ist

TIGARAKSA - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar membuka Rapat Kerja (Raker) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tangerang, di Kampus Universitas Muhammadiyah AR Fachruddin (Unimar), Tigaraksa, Tangerang, Banten, Minggu (20/8). Dalam pidato, Zaki mengucapkan terima kasih kepada Muhammadiyah karena telah banyak membantu program Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang.

Raker Muhammadiyah Tangerang ini dilakukan serangkai dengan pengukuhan pengurus PDM. PDM Tangerang periode 2022-2027 dipimpin Suhardi.

Pengukuhan dan pelantikan ini dihadiri banyak tokoh. Di antaranya Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Izzul Muslimin, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Banten Syamsuddin. Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Ma'mun Murod, dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tangerang Selatan Muhtarom.

Zaki mengawai pidatonya dengan memberikan selamat kepada Surhadi dalam pengurus PDM Tangerang lainnya. "Pertama saya ucapkan kepada Pak Suhardi. Selamat bertugas dan bekerja. Semoga Muhammadiyah Tangerang terus berkembang," ucapnya.

Dia lalu menceritakan pembangunan yang dilakukan Tangerang, khususnya bidang pendidikan. Saat ini, kata dia, sekolah negeri di Tangerang hanya mampu menampung sebagian dari jumlah anak.

Contohnya, di 2022, angka kelahiran anak di Tangerang mencapai 70 ribu lebih. Sedangkan, kapasitas SD Negeri Tangerang hanya 40 ribuan. Untuk SMP Negeri lebih sedikit lagi, yaitu 20 ribuan. Sedangkan SMA/sederajat hanya sekitar 14 ribuan.

"Kemampuan daerah untuk melaksanakan kewajiban perlu didukung semua elemen. Termasuk Muhammadiyah," ucap Zaki.

Dia menerangkan, Pemda terus melakukan pembangunan. Namun, pembangunan oleh pemerintah tak bisa secepat di swasta. Untuk membangun sekolah baru, diperlukan waktu minimal 4 tahun.

Rinciannya, untuk penentuan lokasi, bisa mencapai satu tahun. "Itu juga kalau tidak ribut," selorohnya.

Tahun berikutnya, baru menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan. Setelahnya baru pembangunan fisik. "Jadi, butuh sekitar 4 tahun," imbuhnya.

Untuk itu, dia sangat setuju dengan gerakan Muhammadiyah dalam bidang pendidikan. Zaki berharap, dalam Raker ini, Muhammadiyah dapat merumuskan fondasi untuk lebih berkifrah di Tangerang.

Zaki lalu mengucapkan terima kasih ke Muhammadiyah yang sudah banyak membantu dalam pembangunan Tangerang. "Terima kasih Muhammadiyah selama ini mendukung program Pemkab Tangerang," tutupnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo