TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Bidik Rp 2.813 Triliun Dari Kerja Sama ASEAN-Jepang

Oleh: Farhan
Kamis, 07 September 2023 | 10:13 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

JAKARTA - Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang sepakat membentuk kemitraan komprehensif strategis dalam bentuk kerja sama konkret. Kerja sama itu menurut Presiden Joko Widodo, berpeluang memenuhi kebutuhan investasi infrastruktur yang dibutuhkan negara-negara di Asia Tenggara. Per tahun, nilainya mencapai 184 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 2.813 ltriliun per tahun.

Peluang kerja sama yang dapat diperkuat kembali adalah ASEAN Infrastructure Fund dan ASEAN Catalytic Green Finance Facility. Keduanya, memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung konektivitas infrastruktur hijau.

Penguatan kerja sama antara ASEAN dengan Jepang bakal terjadi semakin masif. Indikasinya, Jepang secara geografis memiliki kedekatan dengan wilayah ASEAN,” jelas Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-26 ASEAN-Jepang di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (6/9).

Jepang adalah mitra paling aktif ASEAN dan pendukung utama implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). Dukungan pada dua hal itu dapat berkontribusi dan mewujudkan kerja sama konkret yang bermanfaat langsung bagi rakyat.

Baik ASEAN maupun Jepang, lanjut Jokowi, memiliki tanggung jawab bersama untuk berkontribusi dalam menjaga ASEAN menjadi kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.

“Di sinilah rumah kita, di sinilah tempat kita tumbuh dan bernaung,” tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo