TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Timnas U-23 Tembus Piala Asia

Erick Makin Wangi

Laporan: AY
Kamis, 14 September 2023 | 08:50 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Sejak Erick Thohir menakhodai PSSI, sepak bola tanah air terus mengalami peningkatan dan mencetak sejarah. Terbaru dan sangat membanggakan, Timnas U-23 akhirnya bisa tembus Piala Asia. Prestasi Garuda muda ini membuat Erick semakin wangi. Berbagai pujian dilontarkan warga dunia maya atas kepemimpinan Erick.

Lolosnya Indonesia ke Piala Asia, setelah skuad Garuda berhasil meraih kemenangan pada 2 laga pertandingan di babak kualifikasi. Timnas berhasil menang saat melawan Taiwan dan Turkmenistan. 

Laga Indonesia vs Taiwan berlangsung di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (11/9) malam. Dalam duel 2x45 menit, anak asuh Shin Tae Yong itu, berhasil mencukur habis Taiwan dengan skor 9-0.

Permainan apik Arhan Pratama cs saat mempercundangi Taiwan, kembali terulang saat bertemu Turkmenistan, Selasa (12/9) malam. Duel yang kembali digelar di Stadion Manahan Solo, mengantarkan Indonesia lolos ke Piala Asia setelah menang 2-0 atas Turkmenistan.

Dalam laga yang disaksikan langsung Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana itu, Elkan Baggott Cs menyajikan penampilan yang ciamik. Hampir 2x45 menit, Timnas U-23 menguasai jalannya pertandingan dengan berkali-kali mengancam pertahanan Turkmenistan.

Dua gol Timnas diciptakan oleh Ivar Jenner dan Arhan Pratama. Gol Ivar terjadi di menit ke-39 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Tembakan pemain naturalisasi itu, membentur pemain belakang Turkmenistan, Oraz Orazov dan melesat ke sudut gawang sebelah kiri.

Meskipun sudah unggah 1-0, serangan Timnas ke Turkmenistan tidak juga surut. Sejumlah nama baru yang masuk di babak ke-2 seperti Ramadan Sananta dan Witan Sulaeman makin membuat permainan Garuda Muda makin garang. Akhirnya, di menit ke-90+2, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat sundulan Arhan usai meneruskan umpan Muhammad Rayhan Hannan. Skor ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Kemenangan ini membuat Indonesia finis di posisi puncak klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Indonesia juga sekaligus lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar April tahun depan dengan status sebagai juara Grup K. Capaian ini menjadi sejarah bagi Timnas Indonesia yang selama ini selalu keok di babak kualifikasi.

Erick yang turut menemani Jokowi menyaksikan langsung laga tersebut, di Stadion Manahan Solo, tidak bisa menutupi kegembiraannya.

“Alhamdulillah tradisi kemenangan Timnas U-23 berlanjut. Setelah emas SEA Games 2023, finalis AFF U-23, tren positif berlanjut di kualifikasi Piala Asia U-23. Mari kita pertahankan mental dan tradisi menang di Qatar,” kata Erick, usai pertandingan.

Menurutnya, prestasi ini merupakan kelanjutan dari keberhasilan meraih emas di SEA Games 2023 dan menjadi finalis di AFF U-23. Erick juga menegaskan bahwa untuk mencapai hasil optimal di Qatar, Timnas U-23 perlu mempertahankan fokus dan mental pemenang.

Tidak ada yang tak mungkin dalam sepak bola. Memang perjuangan di Qatar tidak mudah. Namun, dengan mental pemenang yang tidak mau menyerah, tradisi kemenangan ini bisa kita lanjutkan untuk menembus Olimpiade Paris 2024,” pesan Erick.

Menteri BUMN itu berpesan, agar para pemain tetap mempertahankan mental pemenang, baik lawannya adalah Timur Tengah atau Timor Leste. Dengan mental menang, Timnas tidak akan gentar siapa pun lawan yang akan dihadapi.

Keberhasilan Timnas mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Asia mendapat pujian dari Jokowi. Kepala Negara yang datang menonton bersama cucunya, Jan Ethes mengaku puas dan bangga melihat permainan Garuda Muda yang terus meningkat.

Tidak sia-sia datang ke sini, Timnas menang. Ini sejarah. Karena saya diberi tahu, sejak 2012 sampai sekarang kita belum pernah menang dengan Turkmenistan. Saya kira ini hadiah ulang tahunnya Pak Erick,” puji mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi menilai, di bawah kepemimpinan Erick, Timnas Indonesia semakin matang. “Tadi kita melihat semua lini saling mendukung dengan baik. Depan baik, tengahnya baik, belakangnya baik. Kerja sama itu, saya lihat sudah saling mengerti, dan semua bermain baik,” ulasnya.

Jokowi juga berpesan kepada Erick agar performa Timnas Indonesia dalam menghadapi Piala Asia tetap terjaga. Dengan begitu, hasil maksimal akan dapat diraih oleh Timnas Indonesia. “Masih panjang sampai di April 2024. Harus terus menjaga agar kerja samanya makin baik, dan passing-nya tidak ada yang salah ya,” katanya.

Di tempat Terpisah, Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali menyoroti soal prestasi yang diraih Timnas beberapa bulan belakangan ini. Kata dia, prestasi yang diraih Timnas tak lepas dari kepemimpinan Erick di PSSI. Kepemimpinan yang terbuka, membuat Erick mendapat kepercayaan dari berbagai pihak. Situasi ini mampu menciptakan iklim positif bagi PSSI, dan mampu memajukan persepakbolaan Tanah Air.

Akmal tak kaget jika sederet prestasi berhasil diraih timnas sampai sekarang ini. Tangan dingin Erick begitu diakui, dan memuaskan masyarakat. Tercermin dari temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 3-9 Agustus 2023. Mayoritas rakyat puas dengan kinerja Erick memimpin PSSI.

Tak hanya di dunia nyata, pujian juga datang dari warga dunia maya. Keberhasil Timnas U-23 menembus Piala Asia, membuat warganet makin kagum dengan kepemimpinan Erick di PSSI.

“Kehadiran Pak Erick di PSSI sangat sangat berarti bagi kami sebagai penggemar sepak bola indonesia. Terima kasih Pak Erick,” ujar @AUdinunyu27760. “Pelatih Timnas Garuda, coach Shin Tae-yong miliki harapan bersama Pak Erick Thohir dapat terus membawa sepakbola Indonesia semakin berprestasi dan mendunia...” kata @chaterine_lie27. “Wih, keren timnas. Sukses terus,” kata @Fuad_Lha9.

“Mantap. Di bawah kepemimpinan Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI, sepak bola Indonesia semakin maju,” puji @gelas_bambu_. “Pak Erick, please jadi ketum terus. Amiin,” pinta @abdanfk77.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo