TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ratusan Warga Koceak & Momonggor Krisis Air Bersih

Akibat Kemarau Panjang

Laporan: Idral Mahdi
Senin, 18 September 2023 | 07:10 WIB
Ist.
Ist.

SETU-Ratusan warga Kampung Koceak dan Kampung Momonggor, Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengalami krisis air bersih akibat kemarau panjang.

 Untuk kebutuhan mandi dan mencuci, warga terpaksa meminta bantuan tetangganya yang masih memiliki persediaan air bersih. Bahkan, ada yang terpaksa melakukan aktivitas mandi dan mencuci di Kali Cisalak, yang lokasinya tak jauh dari pemukiman.

 Dari data yang didapat, krisis air bersih dialami ratusan warga Kampung Momonggor RT 001/01, Kampung Koceak RT 002 dan RT 003 di RW 01, RT 004, 005, 006 di RW 02, dan RT 007/04 Kelurahan Keranggan.

 “Kalau di lingkungan saya, wilayah yang paling parah alami kekeringan itu di RT005 dan 006,” kata Nasrulloh, Ketua RW 002 Kampung Koceak, Kelurahan Keranggan.

 Nasrulloh mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan mandi dan mencuci, warga yang alami kekeringan meminta air bersih kepada tetangganya yang sumurnya masih ada air. “Ada juga warga yang melakukan aktivitas mandi dan mencuci di Kali Cisalak,” terangnya.

 Namun, beberapa hari ini warga terbantu oleh bantuan pasokan air bersih dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) serta BPBD Kota Tangsel.

 Bahkan bantuan pasokan air bersih juga datang dari BUMD Tangsel, yakni dari PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PT PITS). “Alhamdulillah sudah ada bantuan air bersih dari Dinas Damkar, BPBD, dan dari BUMD Tangsel,” tuturnya.

 Sementara, Sopyan, Ketua RT 001/RW 001 Kampung Momonggor mengatakan, sudah beberapa hari ini warganya telah mendapatkan bantuan air bersih dari Damkar dan BPBD Tangsel.

 “Sebenarnya, kondisi sumur-sumur di lingkungannya belum alami kekeringan. Namun sumur-sumur tersebut tidak menghasilkan banyak air. Sehingga warga membutuhkan pasokan air bersih,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo