TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kerjasama Pembuangan Sampah ke Cilowong Terancam Berakhir, Pemkot Tangsel Siapkan Alternatif Lain

Laporan: Rachman Deniansyah
Senin, 25 September 2023 | 15:32 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) kini tengah menjalin komunikasi untuk menjajaki kerjasama dengan sejumlah wilayah perihal pembuangan sampah di wilayahnya. Mengingat, kerjasama dengan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong kini tengah dihadang problematika. 

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan di wilayah Cilenggang, Serpong, Tangsel, Jumat (22/9/2023)

Berawal dari adanya protes masyarakat, Kota Serang kini juga telah menyatakan sikap keberatannya atas kerjasama pembuangan sampah ini. Pilar pun tak habis pikir.

“Ya kalau sudah tidak memungkinkan, kemarin Kota Serang sudah menyatakan keberatan saya juga kan gak ngerti. Mereka yang melakukan kajian dan dewan yang melakukan ACC, kemudian mereka juga yang mengeluh. Buat saya kalau mereka keberatan ya gapapa masih ada daerah lain, jangan dipaksakan. Yang penting kondusif, jangan kaya kemarin sudah ada kesepakatan, kita bayar, eh di-stop sama masyarakat. Ya menurut saya bukan salah masyarakat Serang, tapi kenapa Pemda dan Dewan yang sudah meng-ACC tidak mensosialisasikannya dengan baik dengan masyarakat. Masyarakat kan tidak tahu persoalan itu, harusnya clear lah,” ungkap Pilar. 

Namun untuk sementara ini, kata Pilar, kerjasama tersebut masih belangsung. Pembuangan sampah ke TPSA Cilowong masih terus berjalan. Mengingat, TPA Cipeucang yang dimiliki Tangsel kini sudah tak mampu lagi menampung volume sampah.  

“Kalau untuk (TPA-red) Cipeucang sudah tidak ada pembuangan semua ke Cilowong. Cipeucang diangkut malah sekarang, dikeruk dan diangkut ke Cilowong. Sampah yang existing dari masyarakat dan yang ada di Cipeucang kita ambil. Jadi sekarang lagi proses untuk pemindahan,” kata Pilar.

Pilar mengatakan bahwa sebagai gantinya, kini pihaknya tengah menjalin komunikasi untuk menjajaki kerjasama dengan daearah lain. 

“Sekarang sudah komunikasi dengan Kabupaten Lebak, kataya sudah oke, dan tinggal nanti dituangkan dalam MoU. Kemudian juga Kabupaten Tangerang juga. Lalu Kota Tangerang juga oke, karena kan mereka sudah instalasi dan mereka juga katanya defisit sampah juga, dan mereka minta untuk Tangsel kirim. Saya kira sih Alhamdulillah ada beberapa wilayah. Kalau Kabupaten Lebak kan memang TPS Regional ya, ya memang diarahkan oleh Provinsi Banten seluruh Kota dan Kabupaten dibuang di Kabupaten Lebak,” terang Pilar.

Namun agar hal tersebut tak terulang kembali, Pilar meminta kepada pemerintah daerah yang bersangkutan untuk mensosialisasikan kerjasama ini kepada warganya terlebih dahulu jika nantinya kerjasama ini disepakati.

“Saya harap ke depannya juga daerah-daerah itu sudah clear juga di masyarakatnya. Kalau sudah kesepakatan ACC, clear juga di masyarakatnya juga supaya tidak ada kejadian seperti itu. Yang paling cepat mungkin Kabupaten Lebak dan Tangerang,” tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo