TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Presiden: Sail Teluk Cendrawasih 2023 Makin Menduniakan Papua

Oleh: Farhan
Jumat, 24 November 2023 | 09:58 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

PAPUA - Teluk Cendrawasih Papua memiliki ekosistem laut yang paling kaya di Indonesia. Hal ini menjadi potensi yang dapat mendorong Papua makin dikenal dengan kekayaan alamnya oleh dunia internasional.

Demikian dikatakan Presiden Jokowi saat membuka acara Sail Teluk Cendrawasih di Biak Numfor, Papua, Kamis (23/11/2023). Presiden didampingi oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Teluk Cendrawasih surganya terumbu karang, surganya biota laut dan kita harapkan dengan adanya Sail Teluk Cendrawasih budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan bahkan ke level internasional, ke level global” kata Presiden.

Menurut Presiden, dua pertiga wilayah Indonesia adalah lautan dengan berbagai kekayaan bahari yang diakui dunia. Menjadi beranda di kawasan Pasifik, Papua adalah ujung tombak wajah Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah dari sektor maritim.

“Saya berharap acara Sail Teluk Cenderawasih dapat memperkenalkan potensi bahari, potensi maritim, potensi pariwisata dan potensi sosial budaya kita,” katanya.

Adanya Sail Teluk Cenderawasih, kata Presiden, juga akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan, event kreator, serta menarik minat investor untuk datang dan memajukan tanah Papua. "Terakhir saya pesan agar event yang sangat baik ini bisa diteruskan bisa ditingkatkan kreativitasnya inovasinya dan juga keterlibatan masyarakat, keterlibatan UMKM kita. Sehingga masyarakat di Papua bisa merasakan manfaatnya setelah event ini berakhir," ungkapnya.

Sementara, Menteri Investasi Bahlil Lahadila menambahkan jika kegiatan Sail Teluk Cenderawasih bertujuan untuk percepatan pembangunan potensi alam dan kelautan Provinsi Papua. Terdapat tiga fokus utama kegiatan Sail Teluk Cenderawasih, yaitu hilirisasi laut, pengembangan potensi daerah, dan investasi. “Utamanya adalah hilirisasi laut. Bukan hanya tambang, laut pun kita bikin hilirisasi,” katanya.

Sail Teluk Cendrawasih 2023 berlangsung sejak 21 November hingga 27 November 2023 di Biak Numfor. Dalam acara tersebut digelar berbagai kegiatan kemaritiman, ekspor perikanan, pameran UMKM, pentaseni budaya, pasar kuliner, hingga hiburan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo