TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemkot Tangsel Berikan Jaminan BPJS TK Bagi para Pekerja Rentan dan Miskin

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 06 Februari 2024 | 19:37 WIB
Penyaluran BPJS Ketenagakerjaan kepada ratusan warga Kelurahan Pondok Kacang Barat, Pondok Aren, Tangsel, Senin (6/2/2024). (tangselpos.id/rmn)
Penyaluran BPJS Ketenagakerjaan kepada ratusan warga Kelurahan Pondok Kacang Barat, Pondok Aren, Tangsel, Senin (6/2/2024). (tangselpos.id/rmn)

PONDOK AREN, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) memberikan jaminan dengan membiayai BPJS Ketenagakerjaan kepada para pekerja rentan dan miskin. 

Kali ini bantuan tersebut diberikan kepada ratusan warga Kelurahan Pondok Kacang Barat, Pondok Aren, Tangsel, Senin (6/2/2024). 

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, penyaluran BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan sebuah program baru yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang tergolong dalam pekerja rentan dan miskin.

Melalui Dinas Sosial (Dinsos), Pemkot Tangsel memberikan bantuan berupa pembiayaan BPJS TK sebesar Rp16.800.000 perbulan.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa meningkat. Bantuan ini bisa diklaim untuk masyarakat, untuk Bapak Ibu yang meninggal dunia atau mengalami kecelakaan kerja," ujar Pilar. 

Pembiayaan jaminan tersebut, diberikan kepada masyarakat yang memiliki penghasilan samoai dengan Rp1 juta per bulan dan merupakan pekerja mandiri/bukan penerima upah. Para penerima manfaat, merupakan masyarakat yang terdaftar dalam data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). 

"Diutamakan bagi orang tua, terutama berusia 60 tahun. Lalu ada yang memang warga secara ekonomi dianggap belum mampu membayar BPJS, kemudian disabilitas. Saya berharap ke depan bisa bertambah lagi," papar Pilar. 

Pilar mengatakan, jaminan BPJS Ketenagakerjaan ini sewaktu-waktu dapat digunakan bagi masyarakat yang mengalami hal yang tak diinginkan sewaktu bekerja. 

"Sekarang diklaimnya bisa Rp40 juta. Program ini untuk memudahkan keluarga yang kita tinggali. Saya harap sih umur kita panjang," kata Pilar. 

Ia berharap, program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat yang tergolong dalam pekerja rentan dan miskin. 

"Ini adalah bentuk perhatian dari Pemerintah Kota Tangsel bagaimana program ini bisa dilakukan untuk membantu jika sewaktu-waktu mengalami kondisi yang tidak diinginkan, atau misalkan tutup usia. Mudah-mudahan bermanfaat," harapnya. 

Senada dengannya, Kepala Dinsos Kota Tangsel, Mohammad Ervin Ardani berharap, agar program ini dapat membantu para warga dengan tepat sasaran. 

"Biasanya kita datang ke rumah, hari ini kita bersama Pemkot Tangsel mencoba memfasilitasi di Kantor Kelurahan. Ini juga sebagai ajang silaturahmi kita," singkatnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo