TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Megawati Akan Segera Atur Waktu Ketemu Sri Sultan

Oleh: Farhan
Kamis, 15 Februari 2024 | 09:24 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berencana bertemu dengan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X. Saat ini, Mega sedang mengatur waktu ketemu Raja Jawa itu.
Soal rencana pertemuan kedua tokoh itu diungkap oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Rabu (14/2/2024). Menurut Hasto, rencana pertemuan Mega dengan Sultan telah dijadwalkan sebelum Presiden Jokowi meminta bantuan Sultan agar bisa difasilitasi ketemu Mega. 
"Kami juga sudah merencanakan pertemuan antara Sri Sultan dan Ibu Megawati Soekarnoputri di luar adanya permintaan dari Pak Jokowi," kata Hasto.
Lagi pula, tegas Hasto, Mega dan Sultan memiliki sikap yang sama mengenai jalannya sistem negara berdemokrasi. Keduanya, bahkan ikut menandatangani Deklarasi Ciganjur yang isinya mengingatkan Pemerintah agar patuh terhadap azas-azas demokrasi. 

"Itu kan sesuai yang diingatkan oleh Sultan yang dikenal sangat bijak dan pemimpin negarawan itu," ujar dia.
Menyoal apa yang akan dibicarakan antara Mega dan Sultan nantinya, Hasto belum bisa membocorkannya. "Fokus kami sekarang adalah pada mengawal Pemilu, dan kemudian setelah Pemilu kami akan mencari momentum pertemuan antara Ibu Mega dan Sri Sultan," imbuh Hasto. 

Sultan menanggapi rencana Mega ketemu dirinya. Sultan menyatakan siap bertemu dengan Presiden ke-5 RI itu setelah Pemilu 2024.

"Ya setelah tanggal 14 (Februari) kan nggak ada masalah, silakan saja," jelasnya. 

Kendati demikian, Sultan menyebut belum ada jadwal soal rencana pertemuan dengan Mega. "Saya kan pasif aja seperti apa yang saya nyatakan kemarin," terang Sultan. 
Sebelumnya, Sultan mengungkapkan, Jokowi meminta bantuan dirinya untuk ketemu Mega. Sultan mengaku siap membantu.
"Betul, tapi saya kan menunggu Presiden. Kan saya akan menjembatani terserah Presiden, gitu aja. Ya menunggu, kalau memang Presiden memerlukan saya bersedia, kan hanya itu. Kalau nggak, ya nggak apa apa," aku Sultan, Senin (12/2/2024).
Hanya saja, niatan Jokowi bertemu Mega melalui Sultan bersifat permohonan. Sedangkan untuk inisiatif bertemu Presiden kelima itu tetap menjadi hak pribadi dan kewenangan Jokowi.

"Ya makanya itu, kan bukan saya yang ambil inisiatif, yang ambil inisiatif itu kan Bapak Presiden sendiri. Ya terserah Presiden mau perlu ketemu Mbak Mega yang saya fasilitasi," ujarnya.
Karenanya, Sultan menegaskan dirinya tidak akan mendahului untuk langsung berkomunikasi dengan Mega tentang rencana Jokowi. 
Lalu apa kata Istana soal rencana pertemuan Sultan dengan Mega dan Jokowi? Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana menegaskan, Jokowi selalu terbuka untuk bertemu siapapun, termasuk Mega. "Presiden selalu terbuka untuk bertemu, bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh bangsa," ujar Ari kepada Redaksi, Selasa (13/2/2024).
Apalagi, rencana pertemuan tersebut untuk kebaikan dan kemajuan bangsa. "Inisiatif pertemuan bisa muncul dari mana saja, tapi yang paling penting adalah silaturahmi antar-tokoh bangsa pasti akan bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara," ucap Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo