TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Syarat Bisa Diusung Golkar Di Pilkada, Surveinya Bagus Direstui KIM

Oleh: Farhan
Kamis, 30 Mei 2024 | 14:05 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Partai Golkar mengungkap syarat menentukan jagoan untuk Pilkada Serentak 2024. Di antaranya, calon kandidat harus lolos survei internal, kemudian direstui Koalisi Indonesia Maju (KIM) agar terjadi kolaborasi antar partai di kontestasi daerah.

“Partai Golkar masih melaku­kan survei internal, sebelum menentukan kadernya yang akan terjun pada Pilkada 2024,” ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Golkar, Maman Abdurrahman, di Jakarta, kemarin.

Setelah lolos kriteria internal, sebelum diumumkan ke publik, nama-nama calon kepala daerah tersebut akan didiskusikan ber­sama partai-partai di KIM. “Hal itu dilakukan demi membangun kesepahaman antarpartai di KIM,” katanya.

Maman mengaku, saat ini Partai Golkar sedang melakukan survei internal untuk memetakan kandidat yang dianggap ber­potensi, termasuk cagub dan cawagub di Jakarta. "Harus dipahami, Jakarta ini kota sentral kita. Artinya, pasti karakteristik masyarakatnya berbeda-beda. Kita juga akan lihat histori be­berapa kali pilkada banyak sekali kejutan-kejutan. Jadi itu akan menjadi pertimbangan," katanya.

Diamininya, Partai Golkar telah selesai melakukan pemetaankandidat untuk beberapa daerah. Namun, masih ada beberapa dae­rah lain yang masih dalam tahap survei. Secara teknis, survei in­ternal dapat berlangsung hingga dua pekan ke depan. Setelah itu, nantinya Golkar akan berdis­kusi dengan partai-partai KIM lainnyaseperti Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat.

Disinggung mengenai nama-nama kader Golkar yang masuk bursa kepala daerah, Maman memastikan partainya terbuka. "Kalau dilihat dari sisi Partai Golkar, siapa pun dia, kalau kita anggap dia punya kompetensi dan kemampuan, dari sisi Partai Golkar pasti akan mendorong. Saya belum bisa bicara banyak karena masih dalam proses sur­vei," tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengamini adanya kemung­kinan bersatunya partai di KIM di sejumlah Pilkada. Salah sa­tunya, sama-sama mengusung mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany pada Pilkada Banten 2024.

Partai Golkar merupakan ang­gota KIM untuk mengusung Presiden-Wakil Presiden ter­pilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Partai lain yang tergabung dalam KIM meliputi Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN). "Kalau KIM relatif sudah ba­has beberapa nama yang sama, termasuk untuk Banten," kata Airlangga.

Komentar:
Kecamatan Pamulang
ePaper Edisi 26 Juni 2024
Berita Populer
04
Jemaah Haji Asal Tangsel Aman Dari Heatstroke

TangselCity | 1 hari yang lalu

05
Jokowi Effect Di Pilkada

Nasional | 2 hari yang lalu

06
Dipicu Pelaksanaan Haji, Cak Imin & Yaqut Kembali Memanas

Ibadah Haji 2024 | 1 hari yang lalu

09
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo