TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ngeri! 70 Juta Orang Indonesia Perokok Aktif, Mayoritas Usia Anak Sekolah

Laporan: AY
Kamis, 30 Mei 2024 | 16:36 WIB
Ilustrasi. Foto : Ist
Ilustrasi. Foto : Ist

JAKARTA - Indonesia dihantui bom waktu kesehatan. Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023 yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap fakta mencengangkan: 70 juta orang di Indonesia terjerat asap rokok. Mayoritas perokok adalah anak usia sekolah.

Data ini menunjukkan tren mengkhawatirkan, di mana anak muda menjadi target empuk industri rokok. Buktinya, prevalensi perokok pada anak sekolah usia 13-15 tahun melonjak dari 18,3 persen di tahun 2016 menjadi 19,2 persen di tahun 2019.

"Kelompok usia 15-19 tahun merupakan kelompok perokok terbanyak, yaitu 56,5 persen," ungkap Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes, Eva Susanti dikutip dari Info Publik, Kamis (30/5).

Diikuti usia 10-14 tahun sebanyak 18,4 persen. Kita dihadapkan dengan bahaya pertumbuhan perokok aktif di Indonesia, terutama pada anak remaja," tegasnya.

Lebih parah lagi, industri rokok tak segan-segan mengerahkan strategi licik untuk menjerat anak muda. Media sosial seperti Instagram (68 persen), Facebook (16 persen), dan platform X (14 persen) menjadi ladang subur untuk membombardir anak muda.

Tak hanya itu, industri rokok juga gencar membuka gerai di festival musik dan olahraga, serta menyisipkan sponsor di berbagai kegiatan kepemudaan. Bahkan, mereka tak segan memberikan beasiswa untuk memikat para pelajar.

Industri rokok, sebut Eva juga sangat agresif dalam menyabotase upaya pemerintah untuk menurunkan prevalensi merokok dengan berbagai taktik.

"Seperti menyebarkan informasi yang menyesatkan dan menggiring opini publik,” pungkas Eva.

Komentar:
ePaper Edisi 27 September 2024
Berita Populer
02
Polisi Ringkus Pelaku Penculikan Anak di Ciputat

TangselCity | 2 hari yang lalu

03
07
Pimpinan DPRD Kota Tangerang Ditetapkan

Pos Tangerang | 1 hari yang lalu

08
Siswi Korban Penculikan Didampingi Psikolog

TangselCity | 2 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo