TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Agustusan Tetap Di IKN, Basuki Terus Gaspol

Laporan: AY
Selasa, 18 Juni 2024 | 09:10 WIB
Menteri Basuku dan Presiden Jokowi saat meninjau tanggul rob di Semarang. Foto : Ist
Menteri Basuku dan Presiden Jokowi saat meninjau tanggul rob di Semarang. Foto : Ist

SEMARANG - Presiden Jokowi sudah mengagendakan, perayaan Agustusan tahun ini digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Plt Kepala Otorita IKN yang juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan semua persiapannya terus digaspol.

Hal ini disampaikan Basuki saat menemani Presiden Jokowi meninjau proyek tanggul rob di Tambaklorok, Semarang, Senin (17/6/2024). Basuki memastikan, sarana dan prasarana di IKN siap digunakan untuk Upacara HUT RI ke-79.

“Insya Allah siap prasarananya. PUPR tanggung jawab pada prasarananya. Pelaksanaan di Sekretariat Negara,” ujar Basuki.

Basuki mengaku terus menggeber pembangunan infrastruktur jalan di IKN agar bisa digunakan pada saat upacara HUT RI. Sejumlah infrastruktur pendukung seperti pembangunan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), Pertahanan dan Keamanan, hingga kepolisian, juga dipercepat.

“Akan kita fungsikan Agustus. Hunian dari 47 tower yang kita bangun untuk ASN, Hankam, kepolisian, 12 (tower) akan siap dipakai untuk petugas upacara, setelah itu, baru untuk ASN,” ungkap Basuki.

Selain itu, Basuki menyebut, ada 36 rumah dinas menteri yang rampung dibangun. Setiap unitnya, punya luas sekitar 98 meter persegi. Ditambah 100 kamar Hotel Nusantara telah siap dihuni tamu undangan.

Kemudian, fasilitas kesehatan seperti IGD di RS Mayapada dan RS Hermina akan segera digunakan. Dukungan air bersih juga bakal dirampungkan instalasinya pada akhir bulan ini.

Namun, Basuki belum bisa memastikan kapan jaringan internet di IKN siap digunakan. Sebab, sampai saat ini pihaknya belum mendapat laporan spesifik.

“Mudah-mudahan akhir Juni atau awal Juli sudah beroperasi untuk air minum. Karena di sana standarnya air minum. (Listrik) dari PLN siap, kalau internet belum tahu,” sebutnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan bandara di IKN telah memasuki tahap final. Bandaranya juga sudah diberi nama oleh Presiden Jokowi, yakni Nusantara Airport.

Budi menambahkan, bandara tersebut akan mulai beroperasi awal Agustus 2024, untuk mempermudah akses para peserta maupun tamu undangan Upacara HUT RI. “Lapangan terbang kita akan siapkan tanggal 1 Agustus sudah berfungsi, Bandara Nusantara,” kata Budi di Alana Hotel & Convention Center, Yogyakarta, Rabu (13/6/2024).

Selain akses udara, akses darat juga disiapkan Kemenhub. Budi menjelaskan, pihaknya akan menyediakan fasilitas kereta api tanpa rel yang mengelilingi IKN sepanjang 7 kilometer.

“Lalu, saya diminta mengkoordinasikan penggunaan mobil-mobil IVY, baik yang komersial maupun yang individu, kami sudah menghubungi beberapa pihak,” ujarnya.

Sedangkan Kementerian ESDM memastikan pasokan listrik bakal terpenuhi saat momen upacara 17 Agustus-an di IKN.

“Progres pembangunan infrastruktur listrik di IKN beberapa dilaporkan sudah hampir selesai 100 persen,” demikian keterangan yang disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Ida Nuryatin Finahari seperti dilihat dari situs resmi Kementerian ESDM, Senin (17/6/2024).

Ida bilang, seluruh utilitas pendukung seperti listrik diharapkan sudah bisa didistribusikan melalui Multi Utility Tunnel (MUT). Tujuannya agar operasional IKN bisa berjalan sesuai dengan konsep pembangunan awal ibu kota baru tersebut.

Di kesempatan sama, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, pihaknya sedang mencoba memfinalisasi beberapa titik MUT yang menghubungkan listrik dan utilitas lainnya. Upaya ini dapat selesai dalam 3 hingga 7 hari ke depan. “Beberapa titik MUT yang bermasalah akan diselesaikan sebulan sebelum event utama terlaksana,” sebut Danis.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo