TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bangun Balai Warga di Sejumlah Wilayah, Benyamin Ingin Jadikan Pusat Interaksi Sosial Masyarakat

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 20 Juni 2024 | 19:15 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT TIMUR - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membangun sejumlah balai warga hampir di seluruh pelosok wilayahnya. Pada tahun ini, balai warga tersebut pun diresmikan secara bertahap. 

Seperti halnya, balai warga di RW 03 Kelurahan Rengas dan RW 05 Kelurahan Pondok Ranji, Ciputat Timur. Serta balai warga pada empat lingkungan RW di Kecamatan Pondok Aren, yang baru saja diresmikan secara terpisah, Kamis (20/6/2024). 

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, pembangunan tersebut dilakukan agar masyarakatnya dapat membangun interaksi sosial sesama warga dengan baik di lingkungannya masing-masing. 

Menurutnya, keberadaan balai warga ini sangatlah penting. Terutama di tengah derasnya gempuran dunia digital melalui berbagai macam platform media sosial. 

"Balai warga ini agar menjadi pusat kegiatan berkumpulnya masyarakat. Diharapkan dapat digunakan dalam berbagai kegiatan komunitas dan mendukung interaksi sosial yang positif. Kenapa demikian menjadi penting? Karena nantinya akan menjadi center point," ujar Benyamin. 

Pasalnya seperti diketahui, ruang digital kini menawarkan kemudahan setiap individu untuk berinteraksi tanpa harus bertemu secara tatap muka. Sehingga interaksi sosial yang diharapkan dapat berkembang dengan baik, kini mulai tergerus.

Hal itu, menurut Benyamin, tak hanya memberi kemudahan. Namun juga mengakibatkan efek yang kurang baik.

"Memang satu sisi membuat kita lebih efisien, tapi sisi lain ruh nya tidak ketemu. Makanya kami dirikan balai warga ini," ungkap Benyamin. 

Selain mendirikan balai warga di sejumlah titik wilayah, Pemkot Tangsel juga membangun beberapa infrastruktur lainnya bagi masyarakat.

Untuk di Pondok Aren, terdapat pembangunan gedung SDN 03 Jurang Mangu Barat berikut dengan peninggian halaman sekolah untuk menghindari banjir. 

Kemudian, pembangunan Alun-alun Pondok Aren yang telah dinikmati dan dimanfaatkan oleh warga, lalu pembangunan penanganan kawasan perumahan Bintaro Galery berupa peningkatan jalan dan saluran air. 

Kemudian juga pembangunan jalan dan gedung serba guna di Kawasan Perumahan Puri Bintaro Hijau. 

"Serta gapura di berbagai lokasi, sebagai simbol kebanggaan dan identitas. Berfungsi juga sebagai tanda masuk dan meningkatkan estetika lingkungan," imbuhnya. 

Sementara itu untuk di Ciputat Timur, terdapat pembangunan gedung SMPN 10 Kota Tangsel. 

Selain dari puluhan bangunan fisik yang diresmikan, terdapat pula pembangunan septic tank individual bagi 30 rumah warga di Kelurahan Pondok Ranji, 4 rumah warga di Kelurahan Rengas, serta juga penyerahan sarana penunjang pemakaman bagi warga Ciputat Timur.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo