TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Dari Demokrat Sudah Di Kantong SBY & AHY

Laporan: AY
Kamis, 27 Juni 2024 | 09:34 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Partai Demokrat berpeluang besar mendapatkan lebih dari satu kursi menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Partai berlambang Bintang Mercy ini, sudah menyiapkan sejumlah nama kader terbaiknya.

“Siapa-siapa saja yang diaju­kan? Sudah ada di kantong Ketua Majelis Tinggi Partai PakSBY dan Mas Ketum AHY,” ujar Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia mengamini, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki peran sentral dalam menentukan siapa yang akan dipilih, ketika partainya diminta memberikan nama menteri.

Dijelaskan, Demokrat ingin berperan lebih besar dalam mem­bangun bangsa dengan berada di dalam Pemerintahan. Inilah latar belakang Demokrat masuk Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan memenangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Kamhar mengamini, Demokrat tidak menyebut angka, berapa kursi yang diminta untuk menjadi menteri. Urusan menteri diserahkan kepada Prabowo sebagai Presiden terpilih. “Pada saatnya nanti, diserahkan kepada Pak Prabowo untuk menentukan siapa-siapa saja yang dipandang paling pas membantu beliau,” pungkasnya.

Sebelumnya, AHY tersirat menyampaikan bahwa jatah menteri yang didapat partainya lebih dari satu. "Okelah jum­lahnya," kata AHY, kepada awak media di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (22/6/2024).

Kendati demikian, dia tak menyebutkan posisi apa yang didapatkan Demokrat. Sebab, hal itu merupakan hak preroga­tif Prabowo sebagai presiden. "Saya ingin melepaskan supaya nggak ada beban juga, tapi pada saatnya beliau akan menyam­paikan lah. Pasti saya tidak mau berandai-andai. Nanti kalau keliru, juga enggak bagus. Gitu ya," ucap AHY.

Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra memastikan partainya mendo­rong AHY menjadi Menteri di Pemerintahan anyar. Sekalipun, AHY kini sudah menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN). "Orang pertama yang akan menduduki kursi menteri, itu pilihan pertama dari kami. Ya jelas Mas AHY selaku Ketum dan kader terbaik," ujarnya.

Herzaky enggan berkomentar tentang spekulasi bahwa par­tainya mengincar posisi Menteri Koordinasi Politik dan HAM (Menkopolhukam) di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dia berkilah, soal posisi adalah hak preogratif Sang Presiden.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo