TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bicara Soal Pilgub Jateng, Elektabilitas Kaesang Bagus Di Survei

Laporan: AY
Rabu, 03 Juli 2024 | 08:34 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SEMARANG - Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengomentari wacana Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bakal diusung sebagai calon gubernur Jawa Tengah. Menurut Puan, putra bungsu Presiden Jokowi itu, memiliki elektabilitas bagus di survei.

Hal tersebut dikatakan Puan menjawab pertanyaan wartawan soal nama Kaesang yang digadang-gadang maju di Pilgub Jateng, di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Puan tidak mempersoalkan jika Kaesang maju sebagai Cagub Jateng. "Ya nggak apa-apa, bagus Kaesang," ujar Ketua DPR perempuan pertama di Indonesia ini.

Puan juga bilang, PDIP akan mempertimbangkan Kaesang. "Iya dong," kata cucu Proklamator RI Soekarno itu.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei Pilgub Jateng. Di urutan pertama ada Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi berada di urutan pertama dengan elektabilitas 5,2 persen. Di bawahnya ada Kaesang Pangarep dengan elektabilitas 2,5 persen. Lalu, ada Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono 2,1 persen dan Ketua DPD PDIP Jateng Bambang "Pacul" Wuryanto 1,8 persen. Di papan bawah ada Bupati Kendal Dico Ganinduto 1,7 persen dan mantan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen 1,5 persen.

Sementara, pada simulasi enam nama, Kaesang meraih 25,6 persen, Ahmad Luthfi 16,1 persen, Taj Yasin Maimoen 13,4 persen, Bambang Pacul 9,7 persen, Abdul Wachid 6,2 persen, dan Sudaryono 6 persen, dan tidak tahu/tidak jawab 22,9 persen.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan, Kaesang juga unggul di basis suara PDIP dengan 23,3 persen. “Kaesang Pangarep unggul di setiap basis partai, kecuali Golkar, PKB dan PPP,” ujar Djayadi.

Siapa cagub Jateng yang akan diusung PDIP? PDIP belum memilih satu nama. PDIP masih menjaring kandidat yang berseliweran untuk merebut posisi Jateng-1. Termasuk menjaring kader tulen seperti Bambang Wuryanto, Ketua DPD PDIP Jateng. Selain itu, ada nama Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi.

Lalu siapa yang akan dimajukan PDIP di Jateng? Politisi PDIP, Aryo Seno Bagaskoro mengungkapkan, semua kemungkinan masih dikaji. Terlebih, Jateng secara kultural dan historis punya kedekatan yang identik dengan PDIP.

"Mbak Puan, Pak Utut (Adianto), dan Pak Bambang Pacul terus melakukan pendalaman," sebut Seno, kepada Redaksi, Selasa (2/7/2024).

Seno menyadari, ketokohan calon sangat memengaruhi preferensi pemilih pada Pilkada. Selain itu, lanjut dia, adanya pakem ideologis pasangan nasionalis-religius yang selama ini terbukti ideal di Jateng.

Kata dia, Kandang Banteng punya banyak stok kepemimpinan dari internal untuk Jateng. “Meski begitu, nama-nama dari eksternal juga kami cermati," papar dia.

PSI menyambut baik Puan yang menyebut PDIP mempertimbangkan Kaesang untuk dimajukan di Pilgub Jateng. PSI menilai Puan sosok politisi matang yang tidak baperan.

"PSI berterima kasih dan mengapresiasi pertimbangan Mbak Puan," kata Jubir PSI Ariyo Bimmo, Selasa (2/7/2024).

Sementara, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro menilai, jawaban Puan mengindikasikan terbuka peluang bagi PDIP mengusung Kaesang. "Mungkin saja. Apalagi secara elektoral Kaesang menjanjikan," sebut Agung Baskoro saat dihubungi Redaksi, Selasa (2/7/2024).

Menurut Agung, apabila PDIP resmi mengusung Kaesang, maka juga terbuka peluang partai besutan Megawati Soekarnoputri itu, islah dengan keluarga Jokowi. “Tapi peluangnya kecil karena keputusannya ada di Mega,” tukasnya

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo