TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mitigasi Bencana, BPBD Tangsel Sisir Sampah di Sepanjang Aliran Kali Angke

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 23 Juli 2024 | 16:00 WIB
BPBD Tangsel beserta tim gabungan menyisir sampah yang mengotori di sepanjang aliran kali angke, Selasa (23/7/2024). (tangselpos.id/rmn)
BPBD Tangsel beserta tim gabungan menyisir sampah yang mengotori di sepanjang aliran kali angke, Selasa (23/7/2024). (tangselpos.id/rmn)

PAMULANG - Puluhan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) beserta tim gabungan menyisir sampah yang mengotori di sepanjang aliran kali angke, Selasa (23/7/2024).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangsel, Essa Nugraha menerangkan, penyisiran sampah di sepanjang aliran kali angke ini menjadi salah satu upaya mitigasi bencana.

"Pendekatan penanggulangannya saat ini berbeda. Kalo dulu itu saat ada bencana terjadi. Tapi sekarang tidak bisa seperti itu. Diperlukan pendekatan upaya mitigasi seperti ini. Sebagai langkah pencegahan terjadinya bencana," ujar Essa saat dijumpai sebelum memulai aksi penyisiran aliran Kali Angke, Pamulang, Tangsel.

Secara bersamaan, kata Essa, seluruh tim akan terjun ke aliran sungai untuk menggiring sampah hingga aliran Kali Angke yang melewati Perumahan Vila Dago Tol.

"Teknisnya tergantung kondisi. Kalau dangkal kita tanpa menggunakan. Tapi kalau alirannya lumayan kencang kita gunakan perahu. Kita sisir, kira dorong sampahnya dari Vila Pamulang sampai Vila Dago Tol. Jadi sampah itu digiring," kelasnya.

Menurutnya, Kali Angke menjadi aliran sungai dengan potensi mendatangkan banjir yang cukup besar.

"Karena memang Kali Angke ini besar. Meliputi Pamulang, Ciputat, hingga Pondok Aren. Aliran ini juga memiliki potensi banjir yang cukup besar," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo