TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Peringati Hari Anak, Ratusan Ribu Anak di Tangsel Ditargetkan Terima Imunisasi Polio

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 23 Juli 2024 | 20:45 WIB
Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie saat memberi imunisasi polio kepada cucunya di rangkaian acara Peringatan Hari Anak dan Kick-off PIN Polio. (tangselpos.id/rmn)
Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie saat memberi imunisasi polio kepada cucunya di rangkaian acara Peringatan Hari Anak dan Kick-off PIN Polio. (tangselpos.id/rmn)

SETU, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli di setiap tahunnya. Perayaan kali ini pun sekaligus dijadikan momentum kick-off atau dimulainya Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, PIN Polio yang dimulai pada hari ini akan menyasar pada ratusan ribu anak di Tangsel.

"Karena ini program nasional sebagai pencegahan sifatnya dengan cara pemberian dua tetes vaksin polio bagi anak-anak kita. Targetnya 156.904 anak, yang harus mendapatkan vaksin dalam waktu kurun waktu sampai 17 Agutus," ujar Benyamin dalam acara tersebut.

Benyamin berharap, seluruh anak di Tangsel bisa mendapatkan imunisasi secara menyeluruh. Sehingga, dapat mempertahankan capaian imunisasi yang cukup tinggi.

"Capaian di Tangsel sampai dengan hari ini pencapaian tertinggi di Provinsi Banten untuk imunisasi rutinnya," tuturnya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar menerangkan, PIN Polio akan dilaksanakan sebanyak dua putaran dengan jarak minimal antar putaran adalah dua minggu.

"Masing-masing putaran dilaksanakan dalam waktu 1 minggu ditambah 5 hari sweeping. Putaran pertama pada tanggal 23-29 Juli 2024, sweeping putaran pertama tanggal 30 Juli hingga 3 Agustus 2024. Lalu putaran kedua pada tanggal 6-12 Agustus 2024, dan sweeping putaran kedua tanggal 13-17 Agustus 2024," tuturnya.

Ia mengatakan, imunisasi polio menyasar bagi anak berusia 0-7 tahun.

"Dinas Kesehatan melalui UPTD Puskesmas, akan melaksanakan pemberian imunisasi Polio  di 779 PAUD dan TK, 448 SD/MI. Selain di Sekolah, pelayanan PIN POLIO akan dilaksanakan di 35 UPTD Puskesmas, 849 Posyandu, 21 Rumah Sakit, dan 163 Pos Imunisasi lainnya. Total keseluruhan Pos Pelayanan PIN Polio di Kota Tangerang Selatan sebanyak 2.295 pos," paparnya.

Ia mengungkapkan, orang tua dan anak tidak perlu khawatir. Sebab vaksin polio tidak menimbulkan KIPI yang serius. 

"Namun jika terdapat keluhan setelah pemberian imunisasi Polio, orang tua dapat segera membawa anak ke UPTD Puskesmas atau Fasilitas Pelayanan Kesehatan terdekat," imbuhnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo