TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Warga Setu Curhat Sebelum Rumahnya Dibedah : Dulu Benerin Genteng 1, Bocornya 5

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 23 Juli 2024 | 20:21 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SETU - Iwan, warga Babakan Pocis RT 4 RW 1 Kelurahan Bakti Jaya, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel) mencurahkan perasaannya setelah rumahnya dibedah, Selasa (23/7/2024). 

Curahan hatinya tersebut, disampaikan dengan cara yang sedikit menggelitik. Sebab, kebocoran seolah menjadi hal yang selalu dirasakan ketika hujan mengguyur rumahnya. 

Akibatnya ketika hal itu terjadi, tidur pun tak pulas. Ibadah juga tak tenang. 

"Dulunya Pak, rumah saya kebocoran. Gak bisa tidur. Sekarang sudah bisa nyaman keluarga saya tidur. Dulu saya bocor benerin genteng 1, eh bocornya 5," ungkap Iwan disambut tawa dan tepuk tangan warga sekitar.  

Selain rumah Iwan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimta) juga meresmikan beberapa rumah lainnya yang telah dibedah di wilayah Kecamatan Setu. 

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, program bedah rumah atau perbaikan Rumah Umum Tak Layak Huni (RUTLH) ini dilakukan guna menjamin hak kelayakan hidup setiap warganya. 

"Sejak 2015 silam, sudah ada 2.511 rumah yang kami bedah. Untuk tahun ini saja ada sebanyak 510 unit rumah," paparnya.

Ia berharap, melalui program ini para penerima manfaat seperti Bapak Iwan dapat meningkat taraf hidup dan kesejahteraan hidupnya. 

"Jadi ibadahnya semakin khusyuk, uang yang dulu ditabung untuk benerin rumah bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Jadi para penerima manfaat gak usah memikirkan lagi, biar saya yang pikirkan," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Kepala Disperkimta Kota Tangsel, Aries Kurniawan memaparkan, totalnya di wilayah Setu terdapat 68 rumah yang dibedah.  

"Kelurahan Babakan ada 12 unit, Kelurahan Bakti Jaya 10 unit, Kademangan 10 unit, Keranggan 12 unit, Muncul ada 12 unit, dan Setu 12 unit. Sehingga totalnya 68 unit se-Kecamatan Setu," paparnya..

 Sementara itu, Lurah Bakti Jaya, Fikri Yanuardi Putra memaparkan, masih terdapat sejumlah rumah yang masih membutuhkan perbaikan. 

"Tahun ini 10 unit Alhamdulillah selesai, itu terdiri dari 3 RW. Masih banyak, kita menunggu kelengkapan berkas. Alhamdulillah sekarang diberi kemudahan untuk persyaratan alas haknya. Saat ini ada sekitar 47 usulan," paparnya. 

Selain perbaikan rumah, berbagai program kemasyarakatan lainnya pun telah rampung direalisasikan.

"Seperti misalnya septic tank. Alhamdulillah sudah selesai, yang sudah 17," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo