TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tekan Stunting, Pemkot Tangsel Dorong Masyarakat Gemar Makan Ikan

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 24 Juli 2024 | 19:54 WIB
Pemkot Tangsel mengajak warga Ciputat Timur gemar makan ikan. Foto : Ist
Pemkot Tangsel mengajak warga Ciputat Timur gemar makan ikan. Foto : Ist

CIPUTAT TIMUR - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) kini tengah menggaungkan gerakan agar masyarakatnya gemar mengonsumsi ikan. 

Hal tersebut dilakukan dalam rangka menekan prevalensi stunting. Sebab diketahui, ikan menyimpan kandungan protein dan zat lainnya yang sangat baik bagi manusia. Khususnya bagi tumbuh kembang anak. 

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, program ini digelorakan melalui Gerakan Kemasyarakatan Makan Ikan (Gemarikan), seperti yang berlangsung di wilayah Ciputat Timur, Tangsel, Rabu (24/7/2024).

"Gerakan yang sudah berjalan sudah sangat lama. Intinya untuk keseimbangan ekonomi, untuk menjaga inflasi, untuk menjaga konsumsi di tengah masyarakat," ujar Benyamin mendukung gerakan tersebut. 

Menurutnya, ikan memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk manusia. Khususnya dalam mendukung tumbuh kembang anak. 

"Targetnya saya harap konsumsi ikan di Tangsel bisa bertambah. Indeksnya satu orang biasanya cuma setengah kilo itu nanti bisa naik. Untuk berbagai jenis ikan dan berbagai macam olahan dari ikan itu sendiri. Nanti konsumsinya kita harapkan bisa naik," harapnya. 

Lebih lanjut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tangsel, Yepi Suherman mengatakan, gerakan ini digaungkan dalam rangka menekan angka stunting di wilayahnya. 

"Dalam rangka pencegahan stunting. Gizi buruk untuk anak-anak, balita, anak usia sekolah. Kita mendorong supaya mulailah gemar makan ikan," jelasnya. 

Atas hal itu, pada kesempatan ini Ia menghadirkan puluhan peserta yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat. 

"Mulai dari ibu hamil, kader, calon pengantinnya. Untuk memberikan olahan dari ikan. Supaya masyarakat juga bisa menyosialisasikan, gemar makan ikan ini. Karena dengan gizi yang banyak, dan aman dikonsumsi, protein hewaninya. Agar warga mulai gemar mengonsumsi ikan," paparnya. 

Bersamaan dengan itu, Pemkot Tangsel juga tengah berupaya meningkatkan budidaya ikan di wilayahnya. 

"Kami menggerakan budidaya ikan, para peternak ikan mengembangkan dengan kolam terpalnya, atau budidaya ikan dalam ember. Hampir di seluruh kecamatan," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo