TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ramai Diomongin Nitizen, Lho Mobilnya Menteri Koh Masuk Jalur Busway

Laporan: AY
Kamis, 25 Juli 2024 | 08:21 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Sebuah video singkat yang memperlihatkan mobil berpelat RI-24 masuk jalur busway, viral di media sosial. Belakangan diketahui, mobil tersebut ditumpangi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau akrab disapa Gus Yaqut.

Video viral itu, pertama kali diunggah oleh akun Instagram @jakartaselatan24jam, Selasa (24/7/2024). Dalam keterangan video itu disebutkan, mobil berpelat RI-24 memasuki jalur busway. “Hallo #RI24, setop serobot jalur Transjakarta,” tulisnya.

Dalam video itu, mobil sedan berwarna hitam bernopol RI- 24 akan memasuki jalur busway di Jalan MH Thamrin, Jakarta. Namun, barun beberapa meter mobil tersebut berhenti. Pasalnya, bus Transjakarta di depannya berhenti.

Polisi patwal yang mengendarai motor besar pun terpaksa putar arah. Tampak, mobil mundur secara perlahan.

Video tersebut dengan cepat menjadi viral dan menuai respons negatif.

Menanggapi kabar viral tersebut, Jubir Kementerian Agama (Kemenag), Anna Hasbie menjelaskan, peristiwa itu terjadi, Selasa (23/7/2024) pagi, saat Menag akan kembali ke kantornya.

“Kejadiannya tadi pagi saat Bapak hendak menuju kantor Kemenag di Jalan Thamrin,” kata Anna.

Dia menjelaskan, mobil yang ditumpangi Menag hanya mengikuti arahan dari patwal. Jadi, mobil hanya mengikuti arahan patwal.

“Tadi pagi ada acara di Kemenag, jadi mobil dalam rangka perjalanan dinas atau kerja,” tambahnya.

Dia mengatakan, secara protokoler, mobil menteri atau berpelat RI akan mengikuti arahan dari patwal. Selain itu, dia menjelaskan, mobil RI adalah yang termasuk mendapatkan diskresi untuk melintas di busway selama dalam kepentingan dinas.

Bukan maksud untuk privilege atau mencaplok busway, tapi hanya mengikuti patwal. Kita tidak boleh keluar dari arahan patwal, karena dia protokoler,” ucap Anna.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengaku belum mendapat laporan terkait hal tersebut.

“Coba nanti kita cek, saya belum dapat laporan,” katanya, saat dihubungi Rabu (24/7/2024).

Latif enggan menanggapi apakah mobil tersebut mobil Menag atau tidak. Dia juga tak berkomentar banyak mengenai siapa petugas patwal yang mengawal mobil tersebut.

Latif hanya menyampaikan pihaknya bakal mengecek video viral tersebut, termasuk mendalami sosok patwal yang bersama mobil Menag.

“Apa nanti ini yang melakukan pengawalan dari Korlantas atau mana kita belum tahu ini. Anggota saya dicek belum ada,” ungkapnya.

Video mobil Menag terobos jalur busway ini menjadi omongan warganet. Akun @dinosaras menyayangkan kejadian tersebut. Padahal kata dia, mestinya pejabat bisa menjadi tauladan. “Pejabat mah bebas, semestinya pejabat memberi contoh yang baik biar dicontoh oleh rakyat,” ujarnya.

Akun @sastrodisastro ikut menyindir. Kata dia, yang salah dari kejadian itu adalah sopir. “Menag ketiduran tak tau kemana sopir membawa mobil,” candanya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo