TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Harry Tanoe Serahkan Tongkat Perindo Ke Putrinya, Netizen Nyolek Megawati

Laporan: AY
Jumat, 02 Agustus 2024 | 08:52 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Pendiri sekaligus Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo ambil keputusan mengejutkan. Dia memilih mundur dan menyerahkan jabatannya ke Angela Tanoesoedibjo-putri kandungnya. Netizen rame-rame ngomongin Tanoe serahkan kursi ketum Perindo ke Angela. Ada yang memuji, ada yang anggap biasa saja, ada juga yang nyolek Megawati Soekarnoputri, kapan serahkan kursi Ketum PDIP ke putrinya, Puan Maharani.

Penunjukan Angela sebagai Ketum ini digelar saat penutupan Mukernas Perindo, di INews Tower, Jakarta, Rabu (31//7/2024). Seperti saat pembukaan, penutupan Mukernas Perindo juga dihadiri banyak tamu undangan. Namun, di penutupan ini, politisi yang datang berasal dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Seperti Dito Ariotedjo dari Partai Golkar dan Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra, hingga Didik Mukrianto dari Partai Demokrat.

Di atas panggung, Tanoe lalu mengumumkan peralihan kepemimpinan di Perindo. 

“Saya akan menugaskan Mbak Angela Tanoesoedibjo untuk menjadi ketua umum Partai Perindo,” kata politisi yang akrab disapa HT ini.

Ia menilai Angela sebagai sosok anak muda yang dapat membangun partainya lebih baik. Meski masih berusia 37 tahun, kata dia, Angela mampu berkomunikasi dengan pemuda lain untuk mendukung Partai Perindo.

“Gimana, setuju? Karena Mbak Angel ini masih muda, usia 37 tahun, lahir tahun 87, generasi milenial,” ujarnya.

Setelah menyampaikan pengumuman itu, HT lalu menyerahkan surat rekomendasi secara simbolik kepada Angela.

Meskipun melepas kursi ketum, HT tetap menjadi bagian dari Perindo. Bos MNC Group itu kini menjabat sebagai Ketua Majelis Persatuan Partai Perindo.

Pelantikan Angela sebagai Ketum Perindo bakal digelar bersamaan dengan perayaan hari ulang tahun Perindo ke-10, 8 Oktober 2024.

Setelah itu, Angela memberikan pidato di hadapan hadirin. Ia mengungkapkan terima kasih kepada Ketua Majelis Persatuan Perindo dan para pengurus dan kader yang hadir. Dalam kesempatan tersebut, Angela memberikan pesan tersirat partainya akan merapat ke koalisi Prabowo-Gibran.

Kata dia, ia memastikan Perindo akan mendukung keberlanjutan pemerintahan. Hal itu, demi mewujudkan Indonesia sejahtera dan Persatuan Indonesia sebagaimana cita-cita bangsa.

Angela juga menargetkan partainya bisa lolos ke Senayan pada 2029. Dia menyebut memiliki waktu tiga tahun untuk bekerja keras memenangkan Partai Perindo agar menembus parlemen.

Soal niatan untuk merapat ke Prabowo, Angela mengaku akan membuka komunikasi dengan KIM. Kepada wartawan, Angela mengatakan garis perjuangan partainya sejalan dengan pemerintah dan mendukung semangat keberlanjutan.

Karena satu-satunya cara untuk berkontribusi besar memang adalah untuk mendukung kebijakan-kebijakan yang pro-rakyat yang dikeluarkan oleh pemerintah,” tegas Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga Perindo, Effendi Syahputra mengatakan regenerasi dalam sebuah partai adalah sebuah keniscayaan. Kata dia, Perindo sudah berdiri 10 tahun, dan sudah melewati 2 Pemilu. Jadi, regenerasi itu keniscayaan saja.

“Cepat atau lambat pasti akan ada regenerasi, dan Perindo memilih tidak berlama-lama untuk menelurkan generasi politik baru di partai ini,” katanya, Kamis (1/8/2024).

Effendi menjelaskan, tidak hanya pada posisi ketua umum, banyak posisi strategis lain juga saat ini diisi oleh anak-anak muda potensial yang selama ini menjadi role model anak muda di Indonesia. Perindo ingin menyiapkan tokoh-tokoh politik yang bisa memahami dan berbicara dengan bahasa yang pas dengan kaum urban milenial.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menilai yang dilakukan HT merupakan langkah positif. Perindo telah melakukan regenerasi yang cepat untuk menjadi bagian dari generasi milenial.

Menurut Ujang, Angela yang masuk generasi milenial, cocok dengan konstruksi pemilih Indonesia. Apalagi, pemilih Indonesia kekinian merupakan anak muda dan gen Z. Pemilih muda akan menjadi mayoritas pada Pemilu 2029 mendatang.

“Tentu ini menjadi sesuatu yang bagus bagi Perindo agar lebih dekat dengan pemilih dengan anak-anak muda yang bisa dipimpin oleh tokoh muda,” katanya.

Di dunia maya, mundurnya HT dan naiknya Angela jadi sorotan warganet. Akun @mandossy memberikan acungan jempol peralihan kepemimpinan ini. “Penyegaran,” ujarnya.

Sementara itu, akun @82anugerah menilai pergantian Ketum di Perindo ini sebagai hal yang wajar dan biasa saja. Kata dia, Perindo sama seperti Demokrat dan PDIP.

“Pergantian Ketum hanya pakai sistem penugasan saja atau penunjukan langsung untuk pemilihan ketua umum,” ujarnya.

Akun @sassyyossy ikutan nyeletuk. Kata dia, kapan PDIP akan regenerasi. “Kok PDIP nggak ganti-ganti ya ketumnya?” cetusnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo