TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gebyar Jurtim Hadirkan Isbat dan Nikah Massal, Mahar Hingga Bulan Madu Ditanggung Panitia

Laporan: Rachman Deniansyah
Jumat, 02 Agustus 2024 | 15:00 WIB
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan saat menghadiri kegiatan Gebyar Jurtim 2025. Foto : Ist
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan saat menghadiri kegiatan Gebyar Jurtim 2025. Foto : Ist

PONDOK AREN - Perhelatan "Gebyar Jurtim" yang diinisiasi penuh oleh Kelurahan Jurang Mangu Timur, berlangsung dengan begitu meriah. Rangkaian kegiatan ini berlangsung sejak Jumat (2/8/2024). 

Sederet rangkaian acara tersedia di sini, mulai dari sejumlah perlombaan, donor darah, sunatan massal, pagelaran produk UMKM, hingga isbat nikah dan nikah massal juga menjadi acara utama dalam "Gebyar Jurtim" ini. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan mengapresiasi perhelatan "Gebyar Jurtim" ini. 

"Acaranya meriah sekali ya, ada UMKM, lalu juga ada pembuatan KIA, sunatan massal, dan lainnya. Saya ucapkan selamat, dan semoga bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Pilar dalam kegiatan tersebut. 

Lebih lanjut, Lurah Jurang Mangu Timur, Ahmad Gozali menuturkan, Gebyar Jurtim merupakan rangkaian acara hasil dari kolaborasi antara semua lapisan elemen masyarakat di wilayahnya.

"Kemudian ini saya pastikan sepeser pun tidak menggunakan APBD, ini berkat kolaborasi dari semua unsur. Mulai dari RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan lain sebagainya. Kemudian kegiatan ini menghadirkan apa yang menarik dan dibutuhkan oleh masyarakat," tutur Ahmad. 

Salah satu rangkaian kegiatan yang menjadi unggulan dalam Gebyar Jurtim ini, adalah Isbat Nikah.

Terbukti, lanjut Ahmad, kegiatan ini berhasil menyedot antusias warga yang luar biasa. 

Sedikitnya ada 30 pasangan yang mendaftar dalam acara ini. Namun karena ada syarat yang berlaku, panitia meloloskan sebanyak 18 pasang. 

"Karena jarang sekali terutama dinas yang terjangkau. Syarat dan ketentuannya berlaku tidak sembarangan. Misalkan akta cerai, misalkan mereka yang janda dan duda. Mereka harus bisa membuktikannya secara sah. Antusiasnya luar biasa. Sampai kita tutup saja masih ada 10 berkas yang mau daftar. Kita akan laksanakan pada 16 Agustus, lalu kita adakan resepsi pada hari puncak tanggal 24 Agustus 2024," ujarnya. 

Tak sampai di situ, pada rangkaian kegiatan yang sama Kelurahan Jurang Mangu Timur juga membuka pendaftaran bagi muda-mudi atau pasangan dua sejoli yang ada di wilayahnya untuk mengikuti Nikah Massal. 

Tak tanggung-tanggung, Ahmad menyebut bahwa dalam perhelatan ini, seluruh kebutuhan pernikahan ditanggung oleh panitia. 

"Kita siapkan maharnya, terus hotel untuk honeymoon kita siapkan. Emas kawin gratis, pendaftaran KUA gratis, transport penghulu kita tanggung. Nikah massal ini kita laksanakan tanggal 24 Agustus 2024. Saat ini baru 4 pasangan yang mendaftar. Mudah-mudahan masih bisa bertambah," ungkap Ahmad Gozali.

Keduanya, kata Ahmad, akan dipestakan pada hari puncak perhelatan Gebyar Jurtim ini.

"Jadi nanti ada jalan santai tanggal 24 Agustus itu dilaksanakan di luar Kelurahan, lalu resepsi nikahnya pada hari yang sama. Kita laksanakan di kelurahan. Kegiatan yang lain ada lomba hias tumpeng, festival qosidah dan marawis, donor darah, sunat massal, dan lain sebagainya," paparnya. 

Ia berharap, perhelatan Gebyar Jurtim dapat terus berlanjut dan menjadi kegiatan yang ikonik di Jurang Mangu Timur. Meskipun, Ia sudah tak memimpin kelurahan ini lagi. 

"Harapannya semoga acara ini tidak hanya berlangsung saat ini saja. Tapi menjadi unggulan kegiatan Jurang Mangu Timur. Menjadi event ikon kegiatan," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo