TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemkot Tangsel Kaji Rute Terbaik MRT di Tangsel demi Kepuasan Masyarakat

Laporan: Redaksi
Jumat, 02 Agustus 2024 | 14:56 WIB
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan dalam acara FGD pembangunan MRT di Tangsel. (Dok. Humas Pemkot Tangsel)
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan dalam acara FGD pembangunan MRT di Tangsel. (Dok. Humas Pemkot Tangsel)

SERPONG - Pembangunan moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT), rencananya bakal merambah ke wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Dalam memajukan proyek MRT, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel pun masih mempertimbangkan rute terbaik yang optimal dan efisien agar masyarakat puas.

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, mengatakan pertimbangan soal rute yang paling optimal ini merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikaji. Setidaknya, ada 3 wilayah di Kota Tangsel yang menjadi pertimbangan.

“Jalur belum ditetapkan, masih ada pilihan antara lewat Pondok Cabe atau Ciputat, dan ada pilihan kedua melalui Bintaro. Jadi, kita masih mencari tahu mana yang lebih cepat dan efisien untuk diwujudkan,” ucap Pilar.

Berdasarkan kajian sementara dari PT MRT Jakarta, ada dua koridor potensial yakni koridor utara yang akan melintasi jalur Pondok Aren - Serpong, dan koridor selatan yang akan melalui Ciputat - Pondok Cabe. Kedua jalur tersebut akan terhubung dengan stasiun utama di Lebak Bulus.

Pilar pun optimis bahwa pembangunan kedua koridor tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di Kota Tangsel, khususnya dalam hal mobilitas dan sisi perekonomiannya.

“Insya Allah, dua-duanya bisa dibangun bersamaan. Justru ini akan lebih bagus karena kita akan punya dua jalur yang dapat meningkatkan konektivitas,” jelasnya.

Sampai saat ini, proyek tersebut masih dalam tahap feasibility study yang dilakukan oleh pihak PT MRT Jakarta. Dijelaskan oleh Pilar, sejauh ini juga belum ada kendala berarti yang dihadapi dalam proses tersebut.

“Kita masih menunggu hasil feasibility study dari PT MRT yang diperkirakan selesai pada Desember. Prosesnya masih dalam pendalaman terus,” kata Pilar.

Sementara itu, pihak Pemkot Tangsel juga masih terus melakukan sosialisasi dan berdiskusi secara intensif dengan para stakeholder terkait seperti PT MRT Jakarta, Pemprov Banten, Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Perhubungan, hingga pihak swasta agar proyek pembangunan MRT ini berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat pada masyarakat. (Adv)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo