TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Air Di IKN Bisa Diminum Dari Keran Langsung

Laporan: AY
Minggu, 04 Agustus 2024 | 09:34 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Kabar menggembirakan menjelang perayaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, mulai 10 Agustus nanti, air di IKN kini bisa diminum langsung dari keran. 

Kualitas air di IKN yang bersih dan aman dikonsumsi ini menjadi perhatian Presiden Jokowi. Mantan Wali Kota Solo itu mengunggah video saat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menguji coba keamanan air dengan meminumnya langsung dari keran. 

Dalam video itu, Menteri Basuki yang mengenakan kemeja putih dibalut rompi PUPR warna kuning sedang mengunjungi Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) di IKN. Basuki tampak mengambil sebuah gelas kosong, kemudian mengisinya dengan air dari keran. Saat gelas terisi setengah, ia langsung meneguknya sampai habis.

Melihat aksi tersebut, orang-orang yang di sekitarnya langsung bertepuk tangan. Jokowi rupanya terkesan dengan aksi tersebut. Ia pun membagikan video tersebut di akun Instagram miliknya. 

"Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Bapak Basuki Hadimuljono, sudah melakukan uji coba terhadap air minum dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) yang merupakan bagian dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku," tulis Jokowi, memberikan keterangan.

Menurut Jokowi, uji coba ini untuk memastikan agar air minum dari SPAM siap dimanfaatkan untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dalam waktu dekat, termasuk untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79. 

Video yang diunggah Jokowi itu pertama kali diupload di akun Instagram PUPR pada Senin, 29 Juli lalu. 

Uji coba kualitas air merupakan bagian dari running test agar SPAM Sepaku siap dimanfaatkan untuk KIPP IKN Nusantara dalam waktu dekat, termasuk untuk perayaan HUT Kemerdekaan ke-79 RI," tulis PUPR dalam keterangan unggahannya.

Ditemui terpisah, Menteri Basuki memastikan, kualitas air di IKN bersih dan layak konsumsi. Bahkan, kata dia, kualitasnya lebih baik dari air kemasan. 

Basuki menjelaskan, air tersebut kini sudah sampai ke lingkungan Sekretariat Negara, termasuk Istana Garuda dan Presiden. Basuki menjelaskan bahwa panjang pipa air yang mengalir dari IPA ke reservoir adalah 16 kilometer.

Kemudian dari reservoir mengalir ke persil-persil sepanjang 22 kilometer, sehingga kualitas air tetap harus diuji di setiap persil karena dikhawatirkan terjadi perubahan kualitas di dalam perjalanannya.

Kata dia, kualitas air di IKN sudah diuji oleh Balai Teknik Air Minum Kementerian PUPR. Namun, Basuki juga akan meminta PT Sucofindo untuk melakukan pengetesan ulang.

"Nanti mungkin tanggal 10-11 (Agustus) nanti saya akan minta Sucofindo untuk melakukan pengecekan," tuturnya. 

Mendengar berita baik ini, netizen bangga. "Nikmatnya minum fresh water from genuine nature," cetus @zyiqyu26. "Namanya air pegunungan, pasti bersih. IKN mantab," sahut @SusiloDirman.

"Wah asyik nih. Siap-siap bawa galon ah, untuk dijualin ke kampung-kampung sekitar IKN," canda @defr4g. "Pak Bas emang top markotop. Nggak ada cerita proyek di bawah beliau mangkrak," sambar @jiw_han.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo