TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sementara, Pemilih Disabilitas Di Tangsel Ada 2.128 Orang

Laporan: Idral Mahdi
Senin, 05 Agustus 2024 | 07:05 WIB
KPU Tangsel saat memaparkan tahapan menuju pelaksanaan Pilkada 2024.(dra)
KPU Tangsel saat memaparkan tahapan menuju pelaksanaan Pilkada 2024.(dra)

SETU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus lakukan pemutahiran data pemilih untuk Pilkada Tangsel, termasuk untuk kalangan penyandang disabilitas di Kota Tangsel.

Untuk memudahkan para penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya, KPU Kota Tangsel juga menyiapkan sejumlah strategi agar pemilih disabilitas dapat memberikan hak pilihnya dalam Pilkada Tangsel 2024.

Komisioner KPU Tangsel Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Widya Victoria mengatakan, saat ini tercatat ada 2.128 ribu pemilih disabilitas. Sebaran terbanyak berada di daerah Ciputat dan Ciputat Timur.

Widya menerangkan, KPU Tangsel akan memberikan aksesibilitas yang ramah disabilitas di sejumlah titik tempat pemungutan suara (TPS) yang terdapat pemilih disabilitas.

“Fasilitas kertas braille untuk tunanetra juga akan kami fasilitasi dari KPU,” kata Widya.

Selain itu, KPU Tangsel juga akan memudahkan pemilih disabilitas dengan memberikan pendampingan saat akan pencoblosan di TPS.

“Jadi seefisien mungkin dan semudah mungkin pemilih-pemilih disabilitas ini tetap bisa menggunakan hak pilihnya termasuk mungkin adanya kotak keliling ke pemilih,” papar Widya.

Dengan upaya memberi fasilitas memudahkan pemilih disabilitas itu, Widya berharap, partisipasi Pilkada Tangsel 2024 mencapai target sebanyak 70 persen.

“Target kita Insya Allah bisa mencapai 70 persen, karena Pilkada 2020 partisipasi pemilih diangka 62 persen. Harapannya dengan kita terus bergerak memastikan penjaga hak pilih warga,” pungkasnya.

Dahlan Iskan
Pos Sebelumnya:
Tanah Timbul
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo