TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Belum Miliki Tangki Septik yang Layak, Benyamin : Silakan Usulkan Saja Akan Kami Bangun

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 08 Agustus 2024 | 13:15 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mempersilakan bagi setiap warganya yang tidak memiliki tangki septik atau septic tank yang layak untuk segera mengusulkannya dalam program perbaikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). 

Program ini, kata Benyamin Davnie, menyasar mulai dari rumah-rumah warga, musala, hingga tempat umum yang masih belum memiliki sanitasi yang layak. 

Seperti halnya ketika Benyamin Davnie meninjau hasil pembangunan septic tank di Musala Daarul Qolam RT 03 RW 04, Jombang, Ciputat, Tangsel, Kamis (8/8/2024). 

"Silakan diusulkan, akan kami bangun. Rumah warga, hingga tempat-tempat umum seperti musala, atau jika di lingkungan ada toilet umum, silakan ajukan saja," ungkap Benyamin. 

Benyamin Davnie mengatakan, perbaikan tangki septik ini menjadi salah satu program unggulan selain sederet program lainnya, seperti halnya bedah rumah, Tangsel Terang, pemasangan wifi, dan lain-lainnya. 

"Ini merupakan serangkaian program yang bertujuan untuk mewujudkan lingkungan masyarakat yang sehat. Selain pembangunan septic tank ini, saya juga akan memasang lampu sebagai program Tangsel Terang, dan wifi. Jadi memang tujuan kami untuk menciptakan lingkungan yang sehat," jelas Benyamin. 

Lebih lanjut, Kepala Bidang (Kabid) Air Minum dan Air Limbah Dinas Cipta Karya dan Tata Tuang (DCKTR) Kota Tangsel, Budi Rachmat memaparkan, pembangunan tangki septik ini dilakukan dengan sentuhan teknologi. 

"Dengan nama biofil, ukurannya itu 800 liter. Lalu ukuran yang digali 1,5 meter x 1,5 Meter dan kedalamannya 1,8 meter. Spesifikasinya itu, tangkinya terbuat dari bahan fiber, sehingga aman," paparnya. 

Tangki septik ini, kata Budi, bisa bertahan hingga jangka waktu yang sangat panjang. 

"Kurang lebih bisa sampai 20 tahun tidak akan bocor. Kalau yang biasa itu kan tiap tahun ada penyedotan, yang kualitas ini bisa lebih dari 5 tahun," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo