TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ini Respons Jokowi Ke Rizki Lifter Angkat Besi Usai Persembahkan Emas Di Olimpiade 2024

Laporan: AY
Jumat, 09 Agustus 2024 | 12:06 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

PARIS - Presiden Jokowi memberikan apresiasi tinggi atas pencapaian lifter Rizki Juniansyah yang sukses mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. Ini adalah emas kedua untuk Indonesia, setelah emas pertama ditoreh atlet panjat tebing Veddrick Leonardo.

Dalam unggahan di akun Instagramnya, Presiden Jokowi mengungkapkan rasa bangga dan terima kasihnya kepada Rizki yang berhasil memecahkan rekor Olimpiade di cabang angkat besi putra kelas 73 kilogram dengan total angkatan 354 kilogram, termasuk angkatan clean and jerk sebesar 199 kilogram. 

“Medali emas kedua untuk Indonesia dipersembahkan oleh Rizki Juniansyah dari cabang olahraga angkat besi putra kelas 73kg,” tulis Jokowi, Jumat (9/8).

Rizki sebut Jokowi adalah atlet angkat besi Indonesia pertama yang mendapatkan medali emas di ajang olimpiade. "Terima kasih Rizki, selamat!" sambungnya.

Rizki Juniansyah menunjukkan performa luar biasa di Olimpiade kali ini, meskipun menghadapi tekanan berat dari Shi Zhiyong, lifter asal China yang merupakan pemegang rekor dunia dan Olimpiade untuk snatch kelas 73 kilogram.

Shi Zhiyong memulai kompetisi dengan angkatan snatch 165 kilogram, hanya satu kilogram di bawah rekor dunia miliknya. 

Tapi usahanya untuk memecahkan rekor Olimpiade menjadi 168 kilogram gagal pada usaha ketiga. Kondisi itu memberikan keunggulan awal kepada Rizki.

Dalam fase snatch, Rizki tertinggal dari Shi Zhiyong dan mengalami momen-momen tegang. Namun, dia berhasil bangkit dan fokus pada angkatan clean and jerk. 

Dengan performa yang sangat mengesankan, Rizki berhasil melakukan dua angkatan clean and jerk dengan berat masing-masing 191 kilogram dan 199 kilogram. 

Angkatan 199 kilogram tersebut memecahkan rekor Olimpiade dan memastikan medali emas untuk Rizki.

Shi Zhiyong, yang sebelumnya dijagokan untuk meraih hat-trick emas, gagal pada tiga usaha angkatan clean and jerk di 191 kilogram, membuatnya kehilangan peluang untuk menduduki podium tertinggi. 

Sementara itu, Rizki menunjukkan ketahanan dan keunggulan yang sangat signifikan, berhasil unggul dari rival-rivalnya seperti Luis Mosquera dari Kolombia yang hanya mampu mengangkat 155 kilogram.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo