TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

PKB Gelar Muktamar, Jokowi Dan Prabowo Akan Hadir

Laporan: AY
Minggu, 11 Agustus 2024 | 10:16 WIB
Ketua Panitia Muktamar PKB Faisol Riza (tengah) saat konferesi pers. Foto : Ist
Ketua Panitia Muktamar PKB Faisol Riza (tengah) saat konferesi pers. Foto : Ist

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menentukan sikap, bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai pendukung Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, atau, memilih jalan politik oposisi. Sikap ini akan diputuskan di Muktamar PKB di Bali, medio 24-25 Agustus 2024.

“Antara lain, memutuskan kita ada di dalam Pemerintahan, bergabung dengan Pemerintahan yang ada atau tidak,” ujar Ketua Steering Committe Muktamar PKB, Faisol Riza, di Jakarta, kemarin.

Diungkapkan, sejauh ini PKB ada kecenderungan bergabung dengan Pemerintahan selanjut­nya. Asumsinya, secara umum dari seluruh DPC maupun DPW hingga saat ini menginginkan arah partai yang mendukung Pemerintahan.

Mantan fungsionaris Partai Rakyat Demokratik (PRD) ini juga menegaskan, selain sikap politik, Muktamar PKB juga akan ikut menentukan kepe­mimpinan partai. Analoginya, saat ini masih berhembus ken­cang dorongan skuad partai Bintang Sembilan kembali mendukung Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi Ketum PKB.

“Mengenai permintaan kepada Bapak Muhaimin sebagai Ketua Umum PKB untuk memimpin kembali, memang itu sudah disampaikan semua cabang maupun DPW, meminta kesediaan beliau untuk memimpin kembali PKB di Pemerintahan, dan di Kepengurusan DPP yang akan datang,” katanya.

Dijelaskan Muktamar PKB ini akan meminta pertanggung­jawaban dari kepengurusan DPP PKB selama lima tahun. Selanjutnya, mengadakan be­berapa persidangan yang berkai­tan dengan program partai lima tahunan ke depan.

Nantinya, acara ini akan mengundang sejumlah tokoh di Indonesia. Termasuk, Presiden Joko Widodo dan Presiden ter­pilih Prabowo Subianto.

“Presiden Jokowi juga kami undang. Prabowo juga kami undang, baik sebagai Ketua Umum Gerindra maupun sebagai Presiden terpilih,” katanya.

Selain Jokowi dan Prabowo, Dia mengatakan Muktamar PKB 2024 mengundang para ketua umum parpol. “Juga para kiai yang selama ini menjadi basis kultural PKB di seluruh Indonesia juga akan hadir di Bali nanti. Secara lengkap nanti kami akan sampaikan kepada teman-teman media di beberapa hari ke depan,” jelasnya.

Diketahui, Muktamar PKB akan dilaksanakan pada 24-25 Agustus 2024 di Bali, dengan2.300 peserta diperkirakan menghadiri acara itu. Muktamar, adalah forum tertinggi di PKB untuk mengambil keputusan tertinggi, dan dihadiri semua perwakilan atau utusan dari Dewan Pimpinan Wilayah mau­pun Dewan Pimpinan Cabang di seluruh Indonesia, beserta badan otonom partai.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo