TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Peringatan HUT RI Ke 79, Megawati Di Jakarta Sedangkan SBY Di Pacitan

Laporan: AY
Rabu, 14 Agustus 2024 | 08:47 WIB
Megawati saat perayaan HUT RI ke 78 di Istana Negara. Foto : Ist
Megawati saat perayaan HUT RI ke 78 di Istana Negara. Foto : Ist

JAKARTA - Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan tidak akan mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 RI, di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Mega memilih upacara di Jakarta, SBY di Pacitan, Jawa Timur.

Sebetulnya, Mega dan SBY masuk dalam daftar undangan VVIP untuk hadir di upacara HUT ke-79 RI di IKN. Undangan untuk keduanya juga sudah dikirim sejak pekan lalu. Baik pihak Mega maupun SBY, juga samasama mengakui sudah menerima undangannya.

Lantas kenapa Mega tidak hadir? “Ibu Mega diagendakan mimpin upacara 17-an di Sekolah Partai,” ucap Ketua DPP PDIP, Djarot Syaiful Hidayat, di Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Selasa (13/8/2024). Sekolah partai yang dimaksud Djarot itu terletak di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Menurut dia, keputusan ini diambil Mega sebagai bentuk memenuhi aspirasi yang disuarakan kadernya agar putri Proklamator Bung Karno itu, bertindak langsung sebagai inspektur upacara. “Itu permintaan dari bawah supaya irup-nya (inspektur upacara) langsung Ibu Mega,” ucap Djarot.

Seperti Mega, SBY juga dipastikan absen menghadiri upacara bendera di IKN. Kabar ini diungkap Ketua Umum Partai Demokrat yang juga putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

AHY menuturkan, SBY akan menggelar upacara HUT RI di Pacitan, Jawa Timur. “Beliau sudah ada kegiatan yang direncanakan jauh-jauh hari juga, upacaranya di Pacitan, di kampung halaman,” ucap AHY yang juga Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) di Kompleks IKN, Kaltim, Senin (12/8/2024).

Seperti diketahui, peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk pertama kali, upacara HUT Kemerdekaan digelar di dua tempat berbeda secara hybrid.

Lokasi pertama, upacara difokuskan di IKN. Di IKN, upacara dipimpin langsung Presiden Jokowi, didampingi Presiden terpilih Prabowo Subianto. 1.300 undangan akan hadir di IKN.

Lokasi kedua, di Istana Merdeka, Jakarta. Upacara di Jakarta akan diikuti Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming. Upacara di Jakarta, akan mengikuti rangkaian upacara di IKN secara online.

Karena digelar di 2 lokasi berbeda, tamu VVIP juga diundang terpisah. Untuk di IKN, pemerintah mengundang mantan presiden. Sedangkan di Jakarta, undangan ditujukan kepada para mantan wakil presiden.

Absennya Mega dan SBY pada upacara 17 Agustus-an di IKN mendapat respons beragam dari netizen. “Nggak yakin mau hadir. Pengalaman berbicara,” tulis @dwisugiartobdg. “Aslinya pengen juga datang ke IKN,” sindir @Sigid54124752.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo