TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Suara Golkar 100 Persen Setuju Bahlil Ketum

Laporan: AY
Rabu, 21 Agustus 2024 | 08:02 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Bahlil Lahadalia resmi menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Menteri ESDM ini terpilih secara aklamasi dalam Munas XI Golkar. Di bawah kepemimpinan putra asal pelosok Papua yang meniti karier dari bawah tersebut, beringin dipastikan akan semakin kokoh.

Bahlil terpilih sebagai Ketua Umum Golkar dalam Munas Golkar, di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024) malam, sekitar pukul 22.30 WIB. Hari ini, Bahlil akan dilantik dalam penutupan Munas, yang rencananya akan dihadiri Presiden Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Munas Golkar berjalan mulus. Munas dibuka pukul 16.00 WIB oleh Plt Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita. Ketua Penyelenggara Munas Bambang Soesatyo (Bamsoet) menerangkan, forum tertinggi partai ini dihadiri 1.500 peserta, mulai dari pengurus pleno DPP Partai Golkar, Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, Dewan Etik, organisasi sayap (AMPG dan KPPG), hasta karya (SOKSI, Kosgoro 1957, MKGR, pengajian Al Hidayah, AMPI, Himpunan Wanita Karya, MDI, dan Satkar Ulama). Lalu, Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPD Partai Golkar tingkat provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Bahlil tiba di JCC 15.45 WIB. Menteri ESDM ini datang didampingi Ketua DPD Jawa Timur Sarmuji. Bahlil datang dengan wajah semringah. Kedatangannya disambut meriah para kader partai yang ingin berjabat tangan ataupun berswafoto.

Beres melayani salaman dan swafoto, Bahlil masuk ke ruang utama. Dia dikawal sejumlah orang untuk duduk di bangku barisan depan. Terlihat, Aburizal Bakrie menyalaminya. Sebelum duduk, Bahlil sempat berpose di hadapan media sambil menggandeng tangan Agus Gumiwang dan Bamsoet.

Tak lama kemudian, Bamsoet beranjak naik ke atas panggung untuk memberi kata sambutan. Ketua MPR ini mengatakan, calon ketua umum Golkar dalam Munas ini hanya satu, yaitu Bahlil. Dia pun mengusulkan agar Bahlil langsung ditetapkan.

“Karena calonnya hanya satu, maka mudah-mudahan malam ini langsung kita bungkus,” ucapnya.

Ia berharap, di bawah kepemimpinan Bahlil, Golkar bisa semakin kokoh. “Pohon beringin daunnya rindang, akarnya kuat mencengkeram bumi, Partai Golkar tak pernah gamang, meski cobaan datang silih berganti,” tandas Bamsoet.

Setelah itu, dilakukan sidang paripurna yang dipimpin Adies Kadir, dengan Sekretaris Ace Hasan Syadzily. Dalam sidang paripurna pandangan umum, seluruh pemegang hak suara menyatakan mendukung Bahlil menjadi calon tunggal Ketua Umum Golkar. Dengan begitu, Bahlil sah menjadi ketua umum baru Golkar.

“Hampir seluruh pandangan umum dari pemegang hak suara, DPD I, DPD II Partai Golkar seluruh Indonesia dan Hasta Karya, semua menyatakan mendukung Bapak Bahlil Lahadalia untuk menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar periode 2024-2029. Dan juga sekaligus menetapkan beliau sebagai Dewan Formatur Tunggal. Jadi, Formatur Tunggal oleh Bapak Bahlil,” kata Ace.

Adies Kadir bersyukur, Munas Golkar ini berjalan lancar. “Alhamdulillah proses Munas berjalan lancar. Mulai dari tadi pembukaan, sampai dengan masuk rapat paripurna satu, dua, ketiga, dan terakhir,” terangnya.

Agus Gumiwang menegaskan, Munas ini bukan sekadar formalitas. Meski Bahlil calon tunggal, Golkar tetap perlu menggelar Munas sebagai agenda konstitusi yang mesti dilakukan.

“Perlu seorang pimpinan dalam melaksanakan agenda politik ke depan, khususnya Pilkada,” ujarnya, usai penutupan Rapimnas Golkar di JCC, Selasa (20/8/2024).

Ia memastikan, Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan hadir dalam penutupan Munas XI Golkar hari ini. Tak hanya itu, pihaknya turut mengundang sejumlah Ketua Umum Partai Politik untuk hadir. Termasuk Airlangga Hartarto.

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono optimis, Bahlil mampu membawa Golkar ke arah yang lebih baik dan membuat beringin semakin solid dan kokoh. Sebab, Bahlil merupakan orang yang cakap dalam membangun kedekatan personal dengan siapa pun. Bahlil juga dikenal sosok yang dekat dengan Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto.

Kedekatan Pak Bahlil dengan Pak Jokowi atau Pak Prabowo adalah bukti kemampuan beliau untuk berkreasi secara optimal. Dan itu yang dibutuhkan bangsa ini demi mencapai Indonesia Emas 2045,” ucapnya, Selasa malam (20/8/2024).

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menyatakan, dengan masifnya dukungan terhadap Bahlil selama Munas, Golkar akan semakin kokoh. Catatannya, Bahlil harus mampu menyatukan semua elemen di internal Golkar agar kompak dan berfokus memenangkan kader Golkar yang maju sebagai calon kepala daerah.

“Golar semakin kokoh bila Bahlil sebagai Ketum mampu menjadi figure pemersatu,” ucapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo