TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Hasto Diperiksa KPK Kembali, Banyak Senyum Tidak Kedinginan Lagi

Laporan: AY
Rabu, 21 Agustus 2024 | 08:18 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto kembali diperiksa KPK sebagai saksi. Bukan dalam kasus Harun Masiku, tapi terkait kasus dugaan korupsi di lingkungan Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan. Dari saat datang, sampai selesai diperiksa, Hasto banyak melempar senyum.

Hasto tiba di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (20/8/2024), sekitar pukul 09.50 WIB. Hasto mengenakan setelan kemeja putih dibalut jas hitam. Hasto didampingi kuasa hukumnya, Ronny Talapessi dan Joy Tobing.

Hasto terlihat sangat percaya diri. Jalannya gagah. Penuh semangat. Hasto juga banyak menebar senyum ke awak media. Bahkan, Hasto mau menjawab semua pertanyaan yang diajukan awak media.

Setelah dimintai keterangan selama 4 jam lebih, Hasto keluar dari ruang pemeriksaan yang ada di lantai 2. Saat menuruni anak tangga menuju lobi gedung, Hasto kembali melempar senyum kepada wartawan yang sudah menunggunya. Hasto lanjut meladeni wawancara.

Kepada wartawan, Hasto mengaku, tim penyidik KPK mengajukan 21 pertanyaan terkait perkara di DJKA Kemenhub. “Ada sekitar 21 pertanyaan, termasuk sekitar 35 menit untuk mengisi biodata,” kata Hasto.

Pemeriksaan kali ini, diakuinya, lebih enak. Karena penyidiknya santai. Disediakan kopi dan makan siang. “Penyidiknya Pak Alfred sangat baik, dan saya tidak kedinginan, karena ruangannya sudah lebih hangat,“ ujar Hasto.

Hasto lalu menerangkan, materi pemeriksaan seputar perkenalannya dengan mantan Direktur Prasarana DJKA Kemenhub Harno Trimadi. Diketahui, Harno menjalani, proses hukum karena tersandung kasus dugaan korupsi di lingkungan DJKA. Hasto mengaku tak ingat, pernah atau tidak berjumpa dengan Harno.

“Saya tidak memiliki nomor handphone yang bersangkutan, tidak pernah melakukan komunikasi secara intens. Apakah bertemu atau tidak, saya kurang ingat, karena sebagai sekjen saya bertemu dengan begitu banyak orang,” ujar Hasto.

Hasto menyebut, tim penyidik KPK mendalami keterangannya soal alasan nomor handphone-nya ada di Harno. Kemudian juga terkait ada atau tidak dirinya mengeluarkan perintah terkait pengurusan proyek tertentu.

Seluruh klarifikasi sudah diberikan dengan baik,” tegas Hasto.

Hasto juga menegaskan tidak ada kaitan dengan urusan dana ke partai.

Sebelumnya, KPK sudah memanggil Hasto pada Kamis (15/8/2024). Namun, pada saat itu, KPK membatalkan pemeriksaan Hasto. Padahal, Hasto sudah hadir di KPK.

“KPK sangat sibuk dan kami memaklumi hal tersebut,” kata Hasto, saat itu.

Hasto juga sebelumnya pernah diperiksa KPK sebagai saksi kasus korupsi yang menyeret politisi PDIP, Harun Masiku, Senin (10/6/2024). Kala itu, Hasto mengaku dibiarkan menggigil kedinginan saat diperiksa penyidik KPK selama 4 jam. Ia pun dibuat kaget karena HP dan tasnya disita tanpa pemberitahuan.

Lalu, apa kata KPK soal pemeriksaan Hasto kali ini? Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto membeberkan hasil pemeriksaan terhadap Hasto. Kata Tessa, penyidik meminta Hasto menjelaskan pertemuannya dengan Harno.

Ketika ditanya apa yang didapat KPK dari keterangan Hasto, Tessa enggan merinci. Sebab, penyidik tidak memberikan keterangan lebih detail soal informasi tersebut.

“Apakah pertemuan itu diketahui oleh penyidik dari informasi barang bukti elektronik, chat, maupun saksi atau pihak lain, itu belum terinfo ke kami,” sebut Tessa.

Kata dia, Hasto juga diminta menjelaskan pemberian tugas kepada Wasekjen PDIP Yoseph Aryo Adhi Dharmo. Yoseph sudah diperiksa lebih dulu.

Warganet ikut merespon sikap Hasto. “Kali ini Hasto banyak senyum,” cuit @SayaAdith. “Tetap semangat bos. Jangan kasih kendor, tetap cerewet,” cuit @suharto913227871.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo