TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gagal Di Pilkada, Anies Mau Bikin Parpol

Oleh: Farhan
Minggu, 01 September 2024 | 09:21 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Ide Anies Baswedan membentuk partai politik (parpol) atau ormas pasca gagal maju di Pilkada Jakarta, disambut antusias masyarakat.

Sejak mengumumkan bakal menimang-nimang akan membentuk parpol atau ormas pada Jumat (30/8/2024), kata kunci Partai Perubahan Indonesia viral hingga menjadi trending topic di media sosial X dalam waktu 1x24 jam. Namun, antusias masyarakat yang tinggi diwarnai adanya modus penipuan oleh oknum tertentu.

Kemarin, beredar sebuah formulir berupa ajakan mendaftar sebagai anggota ormas dan Partai Perubahan Indonesia. Bahkan, ada yang menyertakan nomor rekening untuk memberikan donasi.

Mengetahui idenya disalahgunakan, Anies pun buru-buru bikin video klarifikasi di media sosialnya. Dalam video tersebut Anies terlihat menggenakan kemeja bewarna biru navy. Anies menegaskan, pihaknya tidak mengedarkan surat pendaftaran, QR Code, dan nomor rekening untuk meminta sumbangan untuk pembentukan parpol. “Itu semua bukan dari saya. Kami tidak pernah mengedarkan apapun juga,” pesannya.

Dia mengingatkan, edaran dalam bentuk apapun tanpa sepengetahuan dan tanggung jawabnya. Dia mengimbau, agar masyarakat waspada. Sebab, sampai saat ini pihaknya belum sama sekali bergerak menyusun pembentukan ormas dan parpol. Apalagi hingga meminta donasi.

Meski begitu, Anies tetap mengapresiasi antusiasme masyarakat menyambut gagasannya membentuk ormas dan parpol baru. Hanya saja, jangan sampai semangat dan niat baik publik untuk membantunya dimanfaatkan segelintir oknum.

“Kami paham antusias itu luar biasa besar. Tetapi harap hati-hati dan kritis. Karena sampai hari ini, Sabtu 30 Agustus 2024 belum ada formulir dan edaran apapun,” tegasnya.

Rencana Anies membuat parpol banjir dukungan. Pengamat Politik, Rocky Gerung menilai, ide membentuk ormas atau parpol yang disampaikan Anies sudah tepat. Apalagi, saat ini mantan Gubernur Jakarta itu tidak punya kendaraan politik untuk menjadikannya sebagai seorang pemimpin.

Menurut Rocky, partai merupakan upaya Anies untuk melembagakan aspirasi politik yang banyak ia dapat saat mengikuti kontestasi Pilpres 2024. Euforia itu, antusiasme itu, memang harus ditampung di dalam perlembagaan.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mendukung apapun keputusan yang dibuat Anies. “Mendoakan Mas Anies yang terbaik. Selalu dapat kemudahan dan selalu berpikir tajam dan panjang,” kata Mardani, Sabtu (31/8/2024)

Namun, Mardani mengingatkan Anies, membuat partai politik tidaklah mudah. Menurutnya, banyak pihak yang membentuk parpol, tapi berakhir kandas karena tidak ada dukungan masyarakat.

Politisi PDIP yang juga Cagub Jakarta, Pramono Anung mendoakan rencana Anies membuat partai.

“Yang jelas kalau membuat partai baru dengan senang hati monggo dan mendoakan,” kata Pramono, di anjungan Halte TransJakarta Bundaran HI, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2024).

Pramono menyebut mendirikan partai politik merupakan hal positif dan hak politik semua orang. Menurutnya, jika Anies mendirikan parpol, maka Anies bisa bertarung dengan PDIP dan partai lainnya di Pemilu 2029.

Warganet juga ramai ngomongin Anies mau bikin parpol. Akun @bachrum_achmadi optimis partai politik buatan Anies bakal banyak pendukungnya. Sebab, video soal ide bikin partai yang diunggah Anies pada Jumat, 30 Agustus 2024, telah menyedot perhatian masyarakat Indonesia.

“Baru sehari saja sudah ditonton puluhan juta, gimana kalau bikin parpol. Lima tahun itu sangat cukup jika dimulai dari sekarang. Partai Perubahan Indonesia (PPI) cocok awak rasa. Cemana menurut klen!” kicaunya.

Sementara akun @Dennysiregar7 berpesan, niat melembagakan pikiran dalam bentuk parpol bakal memakan waktu sangat panjang dan besar kemungkinan bakal gagal. Mengingat, sudah banyak tokoh-tokoh yang mengalami nasib serupa.

“Lebih baik jadilah tokoh yang tidak terlembagakan sehingga nama anda kelak lebih besar dari diri anda. Ini saran dari seorang teman,” cuitnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo