TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Begini Cara Dewi Tipu Lansia di Jakut dengan Modus Tukar Uang

Laporan: Dzikri
Rabu, 04 September 2024 | 12:19 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA – Salah satu tersangka wanita berinisial SA alias Dewi dalam kasus sindikat penipuan tukar uang di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, menggunakan wig atau rambut palsu saat melancarkan aksinya. Korban yang merupakan lansia pun berhasil tertipu.

Kapolsek Kelapa Gading, Kompol Maulana Mukarom, mengatakan Dewi memiliki banyak wig untuk menyamar saat menipu korban.

“Betul pakai wig saat beraksi,” kata Kompol Maulana, Rabu (4/9/2024).

Rambut palsu tersebut pun selalu ia ganti agar identitas aslinya tidak diketahui. Namun upayanya tersebut akhirnya terbongkar dan Dewi berhasil diamankan.

“Buat nyamar. Ganti-ganti wignya nggak cuman satu,” jelasnya.

Pihak kepolisian sejauh ini sudah mengamankan tujuh orang yang tergabung dari sindikat penipuan tukar uang tersebut, dengan 3 tersangka di antaranya berhasil diamankan di kawasan Sumatera Utara.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Gidion Arif Setyawan, mengatakan para tersangka melancarkan aksinya dengan cara menawarkan kepada korban untuk menukar mata uang rupiah dengan dolar yang nominalnya lebih banyak.

“Untuk mempengaruhi korban menyerahkan uang dengan cara menukar ya, tukar dengan uang mata asing ya, kemudian dengan perhiasan, korban ada yang mengambil perhiasan ditukar dengan mata uang asing juga dengan nominal tertentu yang kemudian menggiurkan korban untuk melakukan,” ungkap Gidion.

Dari keempat tersangka yang berhasil diamankan di Jakarta Utara, mereka mengaku dipimpin di sindikat penipuan dan penggelapan tersebut oleh satu orang disebut sebagai ‘profesor’.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo