TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Setelah Pensiun, Jokowi Mau Istirahat Dulu 2 Minggu Di Solo

Laporan: AY
Jumat, 20 September 2024 | 08:52 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

YOGYAKARTA - Kemana Jokowi pasca pensiun jadi Presiden? Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji, Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah membocorkannya. Kata dia, Jokowi mau pulang dan tidur dua minggu di Solo, Jawa Tengah.1

Hal tersebut diceritakan Miftah kepada wartawan, usai menemani Jokowi pada pertemuan kiai muda se-Jawa, di Pondok Pesantren Ora Aji Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis (19/9/2024).

Jokowi terpantau tiba di Ponpes Ora Aji, Kalasan, pukul 09.30 WIB. Mobil Jokowi langsung memasuki area Ponpes Ora Aji. Jokowi kemudian melakukan pertemuan tertutup dengan Gus Miftah selama kurang lebih setengah jam.

Rombongan Jokowi pada pukul 10.20 WIB keluar dan menyapa masyarakat. Jokowi menyempatkan diri keluar mobil, dan memberi kaus kepada masyarakat sekitar.

Usai acara itu, Gus Miftah ditanya wartawan soal banyak hal terkait obrolannya dengan Jokowi. Salah satunya ke mana Jokowi setelah pensiun.

“Beliau sampaikan ke saya, setelah 20 Oktober, saya akan tidur seminggu, dua minggu di Solo,” kata Gus Miftah menirukan ucapan Jokowi.

Miftah juga mengatakan, Jokowi tak akan ikut campur dalam urusan pemerintahan Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka. Jokowi juga tidak akan masuk ke pemerintahan Prabowo-Gibran, termasuk Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

“Soal pemerintahan, urusan Pak Prabowo-Gibran,” jelas Miftah menirukan ucapan Kepala Negara.

Kendati demikian, kata Miftah, Jokowi akan terus blusukan setelah istirahat dua pekan di Solo.

Saya penasaran, lalu saya tanya, Pak kelilingnya ke mana, lah kan baru rencana,” sebut ulama yang dikenal akrab dengan sejumlah artis Tanah Air itu.

Lalu, apa yang disampaikan oleh Jokowi dalam pertemuan dengan para ulama muda? Jokowi berharap, para pengasuh pondok pesantren menjaga masa transisi pemerintahan dengan baik. Jokowi ingin memastikan saat Prabowo mulai menjabat segala sesuatu sudah dalam kondisi siap.

Sebelumnya, Jokowi juga pernah ditanya soal rencana kegiatannya setelah tak lagi menjabat sebagai orang nomor wahid di Indonesia.

Ya jadi rakyat biasa. Kembali ke Solo, jadi rakyat biasa,” sebut Jokowi, di Pasar Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024).

Bahkan, negara sudah membangunkan rumah untuk pensiun Jokowi. Rumah tersebut berlokasi di Jalan Adi Sucipto, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Letak rumah tersebut berada di lokasi strategis, karena terletak di perbatasan Solo-Karanganyar. Rumah tersebut diapit oleh dua restoran dan rumah makan di samping kanan dan kiri, serta berdekatan dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Jarak antara rumah pensiun Jokowi dengan Bandara Adi Sumarmo juga terbilang dekat karena berjarak 5,4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 13 menit.

Sebelumnya, Sekretaris Menteri Sekretaris Negara Setya Utama menyatakan, Presiden Jokowi memilih sendiri lokasi rumah pensiunnya yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Setya juga menyebut anggaran untuk membangun rumah pensiun Presiden sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) 120/PMK.06/2022 tentang Penyediaan, Standar Kelayakan dan Perhitungan Nilai Rumah Kediaman Bagi Mantan Presiden dan/atau Mantan Wakil Presiden RI.

Masih Rajin Blusukan

Sejak mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, Jokowi masih rajjn melakukan blusukan ke berbagai daerah. Misalnya kemarin, Jokowi blusukan ke Jawa Tengah (Jateng). Selain melakukan pertemuan kiai muda se-Jawa di Pondok Pesantren Ora Aji, di daerah kelahirannya, Jokowi juga menghadiri peresmian pembukaan kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XXII dan meresmikan jalan tol.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo